FEB UNS Mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Efisiensi Keuangan dan Pemasaran Marketplace Produk Kuliner Halal UMKM Mitra Binaan BMT Fadhilah Sentosa Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Tim Pengabdian FEB UNS saat mengadakan pelatihan dan pendampingan UMKM Mitra Binaan BMT Fadhilah Sentosa Sukoharjo.

FEB UNS Mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Efisiensi Keuangan dan Pemasaran Marketplace Produk Kuliner Halal UMKM Mitra Binaan BMT Fadhilah Sentosa Sukoharjo

Solo- majalahlarise.com -Menurut dataindonesia.id Indonesia masuk peringkat 6 negara dengan pengguna internet yang membeli barang secara online tertinggi di dunia pada akhir tahun 2022. Data ini menunjukkan besarnya peluang pasar transaksi online yang bisa dimasuki oleh para UMKM yang selama ini lebih memilih pemasaran secara offline.

Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret yang diketuai oleh Prof Yunastiti Purwaningsih, MP bekerjasama dengan KSPPS BMT Fadhillah Sentosa Sukoharjo bersinergi dengan pemerintah kabupaten Sukoharjo, melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM.

(BMT) Fadhillah Sentosa Sukoharjo dipilih sebagai mitra kegiatan karena lembaga ini merupakan salah satu BMT di Solo Raya yang memiliki 6000 anggota dan mendapatkan pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sebesar 4 Miliar pada tahun 2020 sebagai bagian dari program prioritas pengentasan kemiskinan. Untuk proses pembiayaan kepada UMKM, Manager BMT Dedeh Hamidah membutuhkan mitra yang bisa membantu untuk melatih dan mendampingi UMKM agar bisa meningkatkan pendapatannya sekaligus bankable sehingga menunjang program inklusi keuangan. 

Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta Ikut Berpartisipasi Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023

Kegiatan pengabdian ini diwujudkan dalam bentuk pelatihan sehari pada Selasa, 13 Juni 2023 yang diikuti oleh 20 UMKM terpilih di bidang kuliner tradisonal halal yang merupakan anggota dari BMT Fadhilah Sentosa. 

Tujuan pelatihan agar UMKM mampu memperluas pasar pemasarannya ke marketplace dan efisien dalam pengelolaan keuangannya. Pemateri pertama Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Sukoharjo yang berisikan fasiltasi pemsaran bagi UMKM disampaikan oleh Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Hardiyanto Ibnu Saputra, S.STP.M. Si . Pemateri kedua oleh Catur Sugiarto,Ph.D Presiden Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) dengan tema Melakukan pemasaran dengan Marketplace UMKM. Pemateri ketiga adalah Proses Produksi dan Pencatatan Keuangan Usaha oleh Malik Cahyadin, Ph.D (Dosen FEB UNS Surakarta), dan Pemateri Keempat, Selfia Bintariningtyas, SE.M.Si (Dosen FEB UNS) dengan tema Praktek Aplikasi Buku Kas menggunakan Aplikasi Si Apik, E-Kas dan Qasir. 

Follow up dari pelatihan ini akan dilakukan proses pendampingan oleh mahasiswa KKN UNS dan dilanjutkan monitoring sampai 2 bulan ke depan untuk menilai efektivitas dampak pelatihan terhadap kinerja dari peserta UMKM, monitoring secara rutin akan dilaksanakan agar tujuan pelatihan benar-benar tercapai. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top