SMPN 8 Surakarta Gelar PERJUSAMI di Bumi Perkemahan Kepurun

Print Friendly and PDF

Siswa SMPN 8 Surakarta saat mengikuti rangkaian kegiatan PERJUSAMI.

SMPN 8 Surakarta Gelar PERJUSAMI di Bumi Perkemahan Kepurun

Solo- majalahlarise.com -Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd, mengatakan bahwa Perjusami yang diadakan di Bumi Perkemahan Kepurun, pada Jum’at - Minggu (5-7 Mei 2023) merupakan bagian dari pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah  Peserta yang berjumlah 194 siswa itu terdiri dari 19 regu kelas 7A – 7H didampingi 5 orang Pembina, 7 Mahasiswa UNS dan 10 Alumni lintas angkatan. 

Menurut Koordinator Pembina, Ch. Endah Setyowati, S.Pd. memilih Bumi Perkemahan Kepurun, baru pertama kali dipakai oleh Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta, mencoba alam yang baru sebagai wawasan dan bahan evaluasi Panitia.

Sebelum pemberangkatan kemah, diadakan pembukaan di halaman SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Triad Suparman, M.Pd. didampingi oleh Ch. Endah Setyowati, S.Pd, Rori Khoirudin, M.Pd.  Menurut Kepala Sekolah, Perjusami berlatih untuk bertanggungjawab dengan dirinya sendiri. Selama mengikuti Perjusami siswa didampingi oleh wali kelas, senior dari kakak pembina SMP Negeri 8 sendiri juga dibantu dari UNS. 

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman. M.Pd. dalam pembukaan di halaman sekolah menyampaikan pesan bahwa Perjusami harus bisa menjaga kekompakan, menjaga kesehatan masing-masing dan apabila ada permasalahan komunikasikan dengan ketua regu masing-masing, tidak melangkah sendiri. Dan yang terpenting adalah jangan meninggalkan satu sampahpun, bisa mengikuti kegiatan semuanya dan diberikan keselamatan mulai dari pemberangkatan sampai pulang kembali.

Baca juga: Sukses Anak Tak Terlepas Andil Besar Orang Tua

Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan yang membantu Pemerintah dan Masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di bidang Pendidikan di luar Lingkungan Sekolah, dengan tujuan mendidik siswa sebagai generasi bangsa dengan prinsip-prinsip dasar metodik Pendidikan Kepramukaan yang pelaksanaannya diserahkan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan Bangsa.

Gerakan Pramuka dalam  ruang lingkup Gugus Depan berupaya mencetak generasi yang tangguh, mempererat hubungan yang harmonis antar regu. Tentunya perlu dilaksanakan suatu kegiatan yang menantang sebagai bekal kedisiplinan dan sekaligus evaluasi latihan yang dapat membekali anggota Pramuka dalam kegiatan yang positif. Oleh karena itu sangat dibutuhkan kegiatan untuk membangun sikap sesuai dengan Dwi Satya, Dwi Dharma, Tri Satya dan Dasa Dharma salah satunya melalui kegiatan Persami.

Selain itu tujuan kegiatan Perkemahan Jum’at Sabtu Minggu (Perjusami ) yang diikuti oleh peserta dari anggota Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta adalah agar terbinanya mental dan disiplin di dalam kehidupan masing-masing, melatih untuk selalu hidup berlomba-lomba dalam kebaikan dan perbuatan positif yang membangkitkan semangat serta berkembangnya pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman yang didapat oleh Pramuka Penggalang.

Perjusami yang diselenggarakan ini mengambil tema “Bersahabat dengan alam sebagai bentuk pembentukan karakter anak bangsa”. Karena usian siswa dalam tingkatan pramuka penggalang merupakan saat yang tepat untuk pembentukan karakter yang baik pada anak. Karakter baik yang dimaksud antara lain watak, kepribadian dan akhlak mulia. Melalui kegiatan Perjumsab akan terbentuk nilai-nilai agamis, cinta tanah air, sopan santun, disiplin waktu dan patuh pada guru dan orang tua.

Selain bermanfaat dalam pembentukan karakter baik, kegiatan perjusami pramuka akan bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik siswa. Rangkaian kegiatan peserta akan melatih ketangkasan fisik serta melatih kecakapan motorik siswa. Ketangkasan fisik dan keterampilan motorik akan menunjang proses belajar siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler. Muaranya adalah prestasi akademik dan non akademik yang memuaskan. Demikain manfaat penting yang hendak dipetik dalam kegiatan Perjusami bagi pramuka Penggalang. Tentunya masih banyak manfaat lain yang dapat digali dan dipetik dalam kegiatan perjusami tersebut.

Teknik Kepramukaan Perjusami SMP Negeri 8 Surakarta antara lain giat persaudaraan, lomba pionering, lomba Folksong, lomba Menaksir, lomba isyarat dan sandi, lomba PBB, lomba Vlog Reportase. Lomba Semaphore Dance. Materi yang dilakukan di bumi perkemahan yaitu : Manfaat Penghijauan, Penjernihan Air, Pengolahan Sampah/Hasta Karya. 

Upacara Api Unggun dengan Pembina Ch. Endah Setowati, S.Pd. dan Pentas Seni yang dilakukan oleh setiap regu wajib menampilkan penampilan seni, dilakukan pada hari Sabtu, 6 Mei 2023 pada pukul 19.00 – 22.00 WIB. Semoga tetap semangat selalu dalam melaksanakan setiap kegiatannya dan semoga bermanfaat bagi diri pribadi dan orang lain.

Menurut Wali Kelas 7G Latifah Nugrahani, S.Pd., bahwa Perjusami kali ini merupakan ajang pembentukan karakter, dimana siswa dibiasakan untuk mandiri, disiplin, toleransi dan tanggungjawab. Kesannya, walaupun dalam pelaksanaaan ada kendala (cuaca), namun karena kekompakan kakak Pembina dan kerjasamanya sehingga dapat berjalan dengan lancar. Termasuk support dan dukungan Orang Tua yang positif, turut serta memperlancar terselenggaranya kegiatan Perjusami ini. Sehingga kendala terutama cuaca yang kurang bersahabat serta kondisi mental anak-anak yang belum terbiasa jauh dari Orang Tua.

Selain pesan dan kesan dari Wali Kelas, juga ada Iik Suryani  Orang Tua dari  Radhithya Dhipradana Isputra siswa  kelas 7A menyampaikan lewat whatsapp bahwa kegiatan Perjusami ini sangat bagus untuk membangun kemandirian dan tanggung jawab dari setiap pribadi siswa. Siswa bisa menyatu dan menghargai alam sekitar, mampu bekerjasama dengan Tim.

"Harapannya semoga kegiatan seperti ini semakin banyak diadakan, supaya terbentuk siswa berkarakter Pancasila yang kuat bertahan menghadapi gempuran era teknologi maju. Semoga SMP Negeri 8 Surakarta semakin maju dan mencetak generasi hebat berkarakter penerus bangsa," ungkapnya.

Perjusami yang ditutup pada pukul.10.00 WIB oleh Pembina UNS,  harapannya agar anggota Pramuka sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, harus sudah siap untuk menyongsong masa depan pembangunan dengan cara ikut serta berperan aktif, kreatif dan inovatif serta semua sisi dan gerak dinamika pembanguan. (Sofyan).

Baca juga: Persiapan Rekonstruksi Kurikulum, Prodi DKV ISI Surakarta Adakan Rapat Koordinasi Internal

.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top