Tim Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Ajarkan Menulis Press Release

Print Friendly and PDF

Peserta dari MGMP Bahasa Inggris SMK Wonogiri saat mengikuti pelatihan penulisan press release.

Tim Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Ajarkan Menulis Press Release 

Wonogiri- majalahlarise.com -Sebagai wujud pelaksanaan kesepakatan kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Veteran Bantara Sukoharjo dengan MGMP Bahasa Inggris SMK Kabupaten Wonogiri dan Tri Darma Perguruan Tinggi menyelenggarakan Pelatihan Press Release Bagi MGMP Bahasa Inggris SMK Kabupaten Wonogiri. Dengan menghadirkan narasumber Dr. Veronika Unun Pratiwi (Kepala Humas dan Kerjasama Univet Bantara/ Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) dan Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Pengelola majalahlarise.com). Bertempat di SMK Negeri 2 Wonogiri. Rabu (24/5/2023). 

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Arin Arianti, S.Pd., M.Pd menyampaikan kegiatan yang bekerjasama dengan MGMP Bahasa Inggris SMK Wonogiri ini merupakan salah satu pelaksanaan tugas dosen dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat selain melakukan pengajaran dan penelitian. 

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Arin Arianti, S.Pd., M.Pd saat menyampaikan sambutan.

"Tujuan kegiatan ini mengajarkan kepada bapak ibu guru bisa membuat atau menulis berita rilis sebagai ajang informasi yang nantinya disebarluaskan melalui web sekolah atau media sosial," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 2 Wonogiri yang diwakili Rudhianto Catur Prasetyo, S.Pd. dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan tugas guru dituntut tidak hanya mengajar, mendidik siswa menjadi manusia yang seutuhnya berkembang sesuai dengan kodratnya, potensinya masing-masing. Tetapi dituntut senantiasa mengembangkan keprofesian salah satunya menulis.

"Kegiatan ini membawa manfaat bagi sekolah salah satu upaya dalam memaksimalkan sarana promosi sekolah ke masyarakat maupun dunia industri melalui informasi web sekolah," terangnya.


Baca juga: SMP Muhammadiyah PK Solo Terima Kunjungan dari Sekolah Asal Boyolali

Lebih lanjut dikatakan, pengelolaan web sekolah untuk promosi sekolah merupakan salah satu yang paling efektif dan efesien saat ini dengan perkembangan teknologi informasi melalui media sosial. Informasi sekolah tersampaikan secara cepat kepada masyarakat.

"Semoga kegiatan hari ini bermanfaat dan anti ada perubahan di sekolah masing-masing dalam pengelolaan konten web sekolah," harapnya.

Dalam penyampaian materi pelatihan, narasumber Dr. Veronika Unun Pratiwi menjelaskan pengertian press release, teknik penulisan press release serta manfaat press release bagi sekolah.

"Dalam menulis berita memperhatikan Unsur 5W+1H, yaitu Apa Yang Terjadi (What), Di Mana Kejadiannya (Where), Kapan Terjadinya (When), Siapa Yang Terlibat Dalam Kejadian (Who), Mengapa Peristiwa Itu Terjadi (Why), Dan Bagaimana Kejadiannya (How). Berita langsun ditulis dengan Teknik Piramida Terbalik, informasi yang paling penting ditulis pada awal berita," terangnya.

Sedangkan narasumber Sofyan Yuli Antonius menjelaskan tips menulis yang mudah dan menyenangkan serta praktik penulisan press release. 

"Untuk mengawali menulis biasanya sulit dilakukan ketika akan memulai menuliskan paragraf pertama. Hal yang bisa dilakukan yakni merubah mindset bahwa menulis itu mudah. Menulisnya di atas kertas dulu baru diketik di laptop, handphone atau komputer," jelasnya.

Dikatakan pula, untuk penulis rilis pada paragraf pertama mengandung unsur apa peristiwanya, siapa yang terlibat dalam peristiwa itu, di mana kejadiannya dan kapan terjadi. Sedangkan untuk paragraf berikutnya berisi tentang informasi mengapa dan bagaimana peristiwa terjadi yang digali informasinya melalui wawancara dengan narasumber.

Dalam kegiatan itu, salah satu peserta mempresentasikan hasil karya tulisan release yang telah ditulis dihadapan peserta lainnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top