BILA ANAK MULAI TERTARIK LAWAN JENIS

Print Friendly and PDF

BILA ANAK MULAI TERTARIK LAWAN JENIS

Oleh : Pujiono

Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono Boyolali Jawa Tengah

Pujiono


       Siklus manusia dari balita, remaja, dewasa dan tua memiliki perkembangan fisik dan psikis yang berbeda. pada kesempatan ini ayah bunda kami akan sampaikan masa remaja sekitar mulai umur kurang lebih 10  tahunan. 

       Pada usia ini anak sudah mulai tertarik dengan lawan jenis 'birahi'. anak akan menjadi individu yang aktif secara seksual bisa terangsang dan merasakan dorongan seksual ketika berinteraksi dengan lawan jenis. Dorongan seksual bisa muncul sewaktu-waktu saat belajar bermain melamun dan lain sebagainya. 

       Orang tua dan Guru perlu ekstra pengawasan disaat anak mulai mengenal seksual sehingga semuanya bisa terarah ke arah yang dituntunkan syariat. 

       "Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka" (Qs Attahrim :6). Karena ini fitrah alamiah sebagai manusia yang harus mengalami fase itu maka sebagai orang tua kita harus lakukan:

       1. Bimbingan sejak dini. Bimbingan syar'iat Agama Lebih Mengena, bisa tentang Aurat, Halal Haram, Najis, Norma, bahkan mengenai kehormatan dan harga diri. guru di Sekolah Sisipkan pesan pesan moral ini. meskipun pengampu Mapel Umum. 

        Pada fase ini sudah seharusnya memisahkan diri saat tidur dengan kamar sendiri. Tidur tidak dalam satu selimut. Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan pada Anas Bin Malik yang biasa keluar masuk kamar tanpa ijin, pada suatu hari menegurnya. "Berhenti, wahai anaku telah turun perintah jangan sekali kali masuk tanpa ijin." ( Hr. Bukhori)

Dalil di atas merupakan bimbingan agar orang tua menjaga aurat setiap saat di hadapan anak dihadapan anak pun orang tua harus menjaga Auratnya. 

       2. Kedua Menghindari Ikhtilath (Bercampur) laki perempuan yang bukan  mahram terlebih berduaan. Pada umumnya laki laki memi naluri tertarik kepada perempuan, demikian juga kaum hawa meskipun diam lembut. maka jauhi Ikhtilath dan berduaan yang bukan mahram.

       3. Ajarkan Menjaga Pandangan mata. Pandangan mata itu ibarat panah yang suatu waktu bisa melesat, terlebih anak banyak aktivitas di  luar. Kita harus pahamkan bagi cowok menggoda cewek di jalan itu tidak baik. Demikian juga pada kaum hawa jangan merasa tersanjung bila digodain cowok di jalan. Anak Sholeh dan Sholeha tentunya tidak akan melakukan seperti itu di jalan. 

        Allah berfirman katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya yang demikian itu lebih suci bagi mereka, (Qs. Annur : 30). Adalah kebahagiaan bila anak kita laki laki tertarik pada lawan jenis, demikian yang putri. Tetapi lebih bahagia lagi bila semua berjalan sesuai dengan syariat Allah dan Nabinya. menjadi generasi sholih dan Sholehah sukses Dunia akhiratnya. Aamiin.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top