Tumbuhkan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab, SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Kajian Masa Baligh

Print Friendly and PDF

Ustad Pujiono saat memberikan ceramah materi masa baligh.


Tumbuhkan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab, SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Kajian Masa Baligh

Boyolali- majalahlarise.com -SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono mengadakan kegiatan sambut siswa baru setelah libur lebaran dengan kegiatan Outbound Training. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Puluhan untuk Kelas 1, 2, 3. dan Lapangan Bima Sakti Jembungan kelas 4, 5, 6. Kamis-Jumat (27-28/4/2023). 

Ahmad Khoirul selaku Koordinator Acara Outbound menjelaskan bahwa acara ini didesain untuk memberikan semangat siswa dalam belajar berkolaborasi kerja team. Memberikan motivasi pada siswa agar semangat belajar. "Kegiatan ini diikuti 461 siswa dari kelas satu sampai enam," ungkapnya.

Selanjutnya ust. Pujiono selaku pemateri persiapan masa baligh menjelaskan siklus kehidupan manusia bahwa lahir, balita, remaja dan tua. Setiap fase memiliki tanda tumbuh yang berbeda. Fase remaja usia 10-19 tahun ditandai dengan perubahan fisik dan psikis baik laki maupun perempuan. untuk laki-laki dada bidang, otot besar, tumbuh jakun. Sedangkan bagi perempuan ditandai dengan kelenjar mami  pada dada yang tumbuh besar, dan mulai datangnya menstruasi sebagai tanda mulai berfungsinya organ reproduksi.

Siswa-siswi saat mengikuti kegiatan outbond.

Baca juga: Buka Halal Bi Halal di Kampus, Rektor Unisri Berpesan Kalau Mau Beruntung, Hari Ini Harus Lebih Baik dari Kemarin

Masih menurut Ustad Pujiono, bila laki-laki sudah baligh maka sudah kena Kafarrat beban untuk menunaikan Ibadah. Bagi yang tidak melakukan akan dapat dosa dan di dalam pergaulan harus hati-hati. "Islam Agama kita melarang berduaan, Bersentuhan antar kulit dengan lawan jenis diharamkan. Maka wanita harus bisa menjaga kehormatanya, jangan mudah berkholwat (Berdua)," tutur Pujiono.

Lebih Lanjut Ustad Pujiono mengatakan hal yang normal laki-laki suka pada wanita, wanita suka pada pria. Tapi yakinlah nanti masa itu akan datang dan pasti indah pada masanya. 

"Jangan sekarang, kalian masih terlalu 'ijo' remaja. Anak anakku jika kalian saat ini sayang dengan orang yang kamu cintai baik ayah, ibu, adik atau yang lain, sekarang isi waktumu belajar dulu. Bekali masa remaja dengan ilmu dan keterampilan baru dewasa nanti memetik hasil. Tunjukan kamu jadi orang sukses nanti, dengan persiapan mulai sekarang. Kalau kamu saat ini santai, ya tentunya besok tua kurang berdaya dan tidak kita harapkan. Tapi Insya Allah ini anak-anakku adalah wajah wajah orang sukses, baik di dunia maupun di akhirat," tutur Pujiono mengakhiri ceramahnya. (Sofyan)

Baca juga: Ramaikan Reuni Trah Marstowirono XXXV Lewat Drescode Unik dan Kreatif Tema Luar Angkasa


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top