Pesantren Kilat MI Al Kahfi Manyaran Tingkatkan Pemahaman Belajar Agama Islam

Print Friendly and PDF

Faldava siswa kelas 3 MI Al Kahfi saat menyampaikan kultum berjudul puasa.

Pesantren Kilat MI Al Kahfi Manyaran Tingkatkan Pemahaman Belajar Agama Islam

Wonogiri- majalahlarise.com -Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Kahfi Manyaran menyelenggarakan kegiatan pesantren kilat mengangkat tema "Syiar Ramadhan" diikuti seluruh siswa kelas 1 sampai 4 selama lima hari, Senin-Jumat (10-14/4/2023) bertempat di masjid sekolah.

Kepala MI Al Kahfi Manyaran, Siti Wahyuni saat dikonfirmasi menyampaikan tujuan dari adanya pesantren kilat di MI Al Kahfi supaya siswa dapat meningkatkan pemahaman tentang agama serta untuk membantu para siswa mempermudah dan memperdalam pembelajaran ilmu agama.

"Selama kegiatan ini para siswa melaksanakan ibadah sholat dhuha, murojaah, kultum siswa, hafalan doa sehari-hari. Materi dari bapak ibu guru yang sudah terjadwal yaitu Senin materi puasa, Selasa materi zakat, Rabu materi sopan santun, Kamis materi adab sehari-hari, Jumat materi wudhu dan sholat. Kegiatan pesantren kilat ditutup dengan pembagian zakat pada hari Sabtu, 15 April 2023," jelasnya.

Siswa MI Al Kahfi Manyaran saat mengikuti pesantren kilat.

Baca juga: Jadikan Ramadan Berkualitas, SMP Muhammadiyah PK Solo Gelar Pesantren Kilat

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Bu Siti ini mengatakan kegiatan penanaman karakter dan penguatan ibadah para siswa sebenarnya tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja, tetapi sudah dilakukan setiap hari. Misalnya sholat dhuha dan membaca Iqra dan Al Quran setiap pagi sebelum pembelajaran di kelas dan setelah sholat dzuhur ada kegiatan murojaah.

"Kegiatan pesantren kilat ini diharapkan siswa juga dapat mencontoh hal-hal yang baik dan dapat diterapkan dalam kehidupan mereka sehari hari," harapnya.

Dean Aprianto Wibowo, salah satu siswa kelas 4 mengaku senang mengikuti kegiatan pesantren kilat ini. Menurutnya, dengan adanya pesantren kilat ini dapat menambah pemahaman dan pengetahuan tentang ilmu agama. "Harapan saya, semoga pesantren Ramadhan berikutnya bisa lebih seru dan menyenangkan," ujarnya. (Sofyan)

Baca juga: Perkuat Ibadah di Bulan Ramadhan, SMPN 2 Pracimantoro Gelar Pesantren Ramadhan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top