Perkuat Ibadah di Bulan Ramadhan, SMPN 2 Pracimantoro Gelar Pesantren Ramadhan

Print Friendly and PDF

 

Kepala SMPN 2 Pracimantoro, Asih Budi Utami saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan pesantren Ramadhan.

Perkuat Ibadah di Bulan Ramadhan, SMPN 2 Pracimantoro Gelar Pesantren Ramadhan

Wonogiri- majalahlarise.com -Siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Pracimantoro mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan bertempat di masjid dan aula sekolah. Kegiatan ini diselenggarakan Senin-Sabtu, (10-15/4/ 2023).

Kepala SMP Negeri 2 Pracimantoro, Asih Budi Utami saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan kegiatan pesantren Ramadhan ini dalam rangka memfasilitasi siswa untuk lebih memahami ilmu pendidikan agama juga penanaman karakter. Selain itu, sesuai perintah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta program kerja sekolah di bulan Ramadhan mengadakan pesantren Ramadhan.

"Pada tahun ini kegiatan pesantren bersamaan siswa kelas IX mengikuti uji coba penilaian sumatif akhir satuan pendidikan atau ujian sekolah. Maka siswa kelas VII dan VIII yang mengikuti pesantren Ramadhan," ungkapnya.

Siswa kelas VII dan VIII saat mengikuti pesantren Ramadhan.

Baca juga: SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono Menyelenggarakan Pelatihan Mendongeng

Lebih lanjut dikatakan, pesantren Ramadhan juga dilanjutkan pada tanggal 18 dan 19 April 2023 dalam bentuk pengajian akbar yang diikuti seluruh warga sekolah terdiri siswa kelas VII, VIII, IX, bapak ibu guru dan karyawan dengan pengundang ustad Joko dari Wonokarto dan ustad Mardiansyah dari Wonosari.

"Kegiatan pesantren materi yang disampaikan antara lain akidah, Al Qur'an, ibadah, akhlak, tharik, muamalah dimulai dari pukul 07.15 sampai 10.00 WIB," ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Bu Asih ini mengatakan kegiatan pesantren mulai pukul 07.15, siswa melaksanakan sholat Dhuha bersama kemudian membaca juz amma, Al Qur'an dan hafalan surat yang bisa dilaksanakan setiap pagi. Dilanjutkan pemberian materi pesantren yang sudah terjadwal.

"Kita rencanakan disela-sela pemberian materi pesantren memutar film religi sehingga anak-anak tidak jenuh dan bersemangat. Harapan kami dengan pesantren ini membekali anak-anak di dalam mereka beribadah di bulan Ramadhan mendapatkan keberkahan Ramadhan," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Branding dan Marketing Media Sosial, Sukseskan PPDB Sekolah Muhammadiyah


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top