Univet Bantara Selenggarakan Lokakarya Bidang 1, Evaluasi Pembelajaran Semester Gasal dan Persiapan Semester Genap Tahun Akademik 2022-2023

Print Friendly and PDF

 

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum saat memberi sambutan sekaligus membuka Lokakarya Bidang 1.

Univet Bantara Selenggarakan Lokakarya Bidang 1, Evaluasi Pembelajaran Semester Gasal dan Persiapan Semester Genap Tahun Akademik 2022-2023

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dalam rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Lokakarya Bidang 1, Evaluasi Pembelajaran Semester Gasal dan Persiapan Semester Genap Tahun Akademik 2022-2023. Bertempat di ruang Seminar Gedung H lantai 3. Senin (6/3/2023).

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan sebelum dimulai semester baru ada evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan semester yang lalu sebagai upaya terus berusaha selalu lebih baik sesuai tuntutan dari akreditasi.

"Selain itu, pada tanggal 28 Maret 2023 akan dilaksanakan Dies Natalis sebagai tradisi Pimpinan akan melaporkan kinerja dan pencapai perguruan tinggi terkait fakultas, program studi," tuturnya

Dipaparkan pula, untuk menjadi perguruan tinggi unggul perlu diperhatikan pelaksanaan MBKM dan wajib menyelenggarakan MBKM sehingga memfasilitasi semua mahasiswa memiliki sekurang-kurangnya 20 SKS pelaksanaan MBKM.

Baca juga: Siswa SMA/ SMK se-Soloraya Berlatih Public Speaking di Univet Bantara

"Kalau kita ingin unggul, semua mahasiswa mengikuti MBKM artinya ini wajib. Harus kita kondisikan dari sekarang menentukan dan membuat kurikulumnya dipastikan harus ada 20 SKS di program studi untuk diambil mahasiswa dengan kegiatan MBKM," jelasnya.

Disampaikan pula, Kaprodi merupakan ujung tombak yang paling bertanggung jawab pada kualitas akademik. Maka dari itu pihaknya berinisiasi meningkatkan kesejahteraan Kaprodi. "Kita pikirkan bersama supaya Kaprodi betul-betul mengupayakan program studinya lebih baik, apa yang dinginkan dan disarankan," ujarnya.

Wakil Rektor I, Dr. Ir. Sri Hartati, M.P mengatakan program studi adalah ujung tombak dari pelaksanaan setiap kegiatan di bidang akademik. Oleh karena itu pertemuan evaluasi ini sebagai media komunikasi untuk saling melengkapi di dalam pencapaian visi dan misi Univet Bantara dan muara akreditasi di setiap program studi.

"Di level Universitas telah ditetapkan beberapa kebijakan atau aturan terkait bidang akademik. Apapun yang ditetapkan di level pimpinan kita ingin melihat implementasi di program studi dapat tersampaikan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Muh. Husyain Rifai, M.Pd dalam laporan menyampaikan tujuan kegiatan untuk mengetahui beban kerja tiap program studi di semester gasal apakah sudah sesuai dengan surat keputusan Rektor tentang status dan beban kerja Universitas Veteran Bangun Nusantara dan rencana beban kerja dosen di semester genap tahun akademik 2022-2023. Selain itu, untuk mengetahui capaian kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dilaksanakan di setiap program studi semester gasal serta rencana persiapan pelaksanaan MBKM yang akan dilaksanakan di prodi semester genap tahun akademik 2022-2023 khususnya pada point ketersediaan kurikulum, sebaran mata kuliah MBKM, mata kuliah MBKM dan mekanisme rekognisi.

"Kegiatan ini untuk mengetahui prestasi mahasiswa dari program studi yang pernah didapat di semester gasal tahun 2022-2023 dan persyaratan mengikuti mata kuliah kerja nyata (KKN) yang digunakan di program studi," terangnya.

Disampaikan pula melalui kegiatan lokakarya ini diharapkan mampu memperoleh potret atau gambaran pelaksanaan kegiatan akademik di setiap prodi serta mampu memberikan gambaran pencapaian program studi dalam kegiatan akademik khususnya MBKM di semester genap tahun 2022-2023.

Dalam lokakarya ini dilaksanakan presentasi dari setiap Ketua Program Studi dengan topik evaluasi tugas beban mengajar dosen, MBKM, presentasi pada semester ganjil tahun akademik 2022-2023. Persiapan MBKM, beban tugas mengajar Dosen pada semester genap tahun akademik 2022-2023. Saran dan masukkan dari Pimpinan Universitas serta penyampaikan hasil evaluasi. (Sofyan)


Baca juga: Meriahkan HUT ke-9, LKP Kridha Bargawa Wuryantoro Gelar Kompetisi Seni Rupa dan Seni Tari 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top