Siswa SMA/ SMK se-Soloraya Berlatih Public Speaking di Univet Bantara

Print Friendly and PDF

Narasumber Mas Sulis Setiyono, S.Pd, M.Pd (praktisi public speaking) saat berdialog dengan salah satu peserta.


Siswa SMA/ SMK se-Soloraya Berlatih Public Speaking di Univet Bantara 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Perwakilan siswa SMA/ SMK Soloraya berlatih public speaking bersama narasumber Mas Sulis Setiyono, S.Pd, M.Pd (praktisi public speaking) dalam kegiatan pelatihan public speaking mengangkat tema "Wujudkan Jiwa Mandiri, Inovatif, Kreatif dan Percaya Diri" yang diselenggarakan Humas Kerjasama dan Unit PMB Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo. Bertempat di Auditorium kampus. Senin (6/3/2023).

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan penguasaan ketrampilan berbicara dan komunikasi seseorang sangat penting di kehidupan sehari-hari, melamar pekerjaan, berbicara di depan umum maupun dalam bekerja.

"Penting sekali belajar menjadi pribadi menarik, pandai berbicara, dan ketika berbicara didengarkan orang lain serta informasinya mudah diterima," ungkapnya.

Sementara itu, narasumber Mas Sulis Setiyono menerangkan materi basic speaking bagi pemula yaitu menumbuhkan rasa percaya diri yang baik ketika berhadapan dengan audien. Setelah rasa percaya diri dimiliki harus bisa bicara komunikatif dengan sedikit memberi pertanyaan ke audien. Berpakaian disesuaikan acara yang akan dibawakan.

Rektor Univet Bantara, Wakil Rektor, Kepala Humas Kerjasama, Unit PMB Univet Bantara saat foto bersama narasumber.

Baca juga: Meriahkan HUT ke-9, LKP Kridha Bargawa Wuryantoro Gelar Kompetisi Seni Rupa dan Seni Tari 

"Mempunyai semangat ketika berbicara dihadapan publik karena semangat ini untuk power. Selain itu vokal penting sekali terkait volume, intonasi dan kecepatan berbicara," jelasnya.

Disampaikan pula, sebagai pemula jika sudah menguasai aspek basic tersebut bisa dilanjutkan praktik disegala bidang contohnya MC, moderator, pidato, penyiar radio, penyiar TV dan sebagainya. "Setelah pelatihan ini harapannya mereka bisa mempraktikkan dan dilatih sendiri dengan memperbanyak jam terbang," ujarnya.

Salah satu peserta, Muhamad Arifin Ilham dari SMA Negeri 1 Polokarto mengungkapkan pelatihan ini sangat menarik karena diajarkan berbicara yang baik di depan audien seperti gestur, cara melatih vokal, mimik ekspresi wajah. Selain itu pembicara dalam penyampaian materi sangat mudah dipahami karena pendekatan seperti teman.

"Saya sangat mengapresiasi dan semoga ke depan Univet mengadakan kegiatan seperti ini lagi untuk mendukung kemajuan generasi muda," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Serah Terima Jabatan dan Pelantikan OSIS SMP Negeri 8 Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top