Pesantren Life Skill SD Muhammadiyah PK Banyudono

Print Friendly and PDF

Siswa saat foto bersama hasil karya buket.

Pesantren Life Skill SD Muhammadiyah PK Banyudono

Boyolali- majalahlarise.com -SD Muhammadiyah program khusus Banyudono kabupaten Boyolali mengadakan pesantren life skill. Kegiatan diikuti 461 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan agenda kegiatan tadarus, duha berjamaah, tausiyah dan keterampilan membuat buket. Sabtu (25/3/2023).

Ketua Panitia ustadz Muhammad Zumaro mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan gema Ramadhan ceria 1444 H dengan tujuan selain meningkatkan pemahaman agama juga membekali siswa dibidang keterampilan pada edisi Sabtu ini siswa kelas 1, 2, 3 membuat kartu lebaran dan amplopnya sementara kelas 4, 5, 6 membuat buket.

Dalam sambutan tausiyah, kepala SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono Pujiono, S.SI, MM menjelaskan peristiwa-peristiwa istimewa di bulan Ramadan diantaranya bulan Ramadan disebut dengan Syahrul Quran bulan diturunkannya wahyu Alquran, dari sini diharapkan di bulan Ramadan umat Islam untuk lebih banyak membaca dan mentadaburi Alquran. kemudian yang kedua peristiwa perang badar terjadi pada bulan Ramadan pasukan nabiyullah Muhammad SAW yang hanya sejumlah 313, tapi mampu mengalahkan 1000 pasukan Quraisy. 

Siswa saat menunjukkan hasil karya kartu lebaran.

Baca juga: UKMW Unisri Gelar Seminar Strategi Pengembangan UMKM di Era Milenial dalam Mengoptimalkan Perekonomian Indonesia

"Ini keajaiban yang tentunya atas kekuasaan Allah yang harus kita yakini. Ketika peristiwa kemerdekaan republik Indonesia juga terjadi di saat bulan Ramadan, itu artinya bahwa para pejuang pahlawan pada waktu itu meskipun puasa Ramadan tetap berjuang dan bekerja. Maka kita selaku generasi penerus bangsa hendaklah mampu meniru para pahlawan meskipun kita puasa kita tetap semangat belajar," terangnya.

Kegiatan hari ini dihasilkan kurang lebih 225 bueqet dan 220-an kartu lebaran dan amplop hasil dari para siswa SD Muhammadiyah program khusus Banyudono. Semoga bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat. Selaku Instruktur Pembuatan Bueqet ust. Karis Junaidi mengatakan Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar, walau sempet bolak balik dari kelas ke kelas lain. "Alhamdulillah acara sukses," ungkapnya.

Sementara Lathisa siswa klas IB  saat ditanya mengaku sangat senang sekali dengan kegiatan hari ini semoga Sabtu depan bisa lebih seru kegiatannya. "Terima kasih ibu Nunik dhian Rahmawati yang telah mendampingi pembuatan amplop lebaran," tuturnya.

Lain lagi dengan Meysun kelas VIA dan Andaru siswa kelas VI B mengatakan ini pengalaman pertama membuat Bueqet asyik, lucu, dan seru. "Nanti kalau jadi mau kita kasihkan mama," ucap Andaru. (Sofyan) 

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Gelar Pengajian Buka Bersama 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top