Pelatihan Operator Peralatan Podcast dan Radio Internet SMPN 1 Manyaran

Print Friendly and PDF

Perwakilan guru dan karyawan didampingi Kepala SMPN 1 Manyaran Agus Sumarno saat mengikuti pelatihan operator peralatan podcast dan radio internet sekolah.


Pelatihan Operator Peralatan Podcast dan Radio Internet SMPN 1 Manyaran

Wonogiri- majalahlarise.com -Guna memaksimalkan penggunaan peralatan studio podcast dan radio internet SMP Negeri 1 Manyaran, pengelola dari perwakilan guru, karyawan dikenalkan dan dilatih mengoperasikan peralatan studio podcast dan radio internet sekolah dibimbing oleh praktisi radio sekaligus Owner Gentara Radio. Kamis (30/3/2023).

Kepala SMP Negeri 1 Manyaran, Agus Sumarno menyampaikan bapak ibu guru dan karyawan yang hadir dalam kegiatan ini ditunjuk sebagai operator untuk bisa mengoperasikan peralatan yang nantinya bertugas mendampingi guru dan siswa ketika menggunakan peralatan untuk membuat rekaman konten podcast, rekaman materi pembelajaran radio internet.

"Alat ini kita persembahkan untuk sekolah kita agar bisa berlangsung lama, berfungsi baik dan bermanfaat. Tidak semua orang bisa mengoperasikan alat ini kecuali bagi yang sudah dilatih. Siapapun yang memanfaatkan ruang podcast dan rekaman ini harus punya pendamping operator," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan fasilitas studio podcast dan radio internet ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital, mengembangkan minat bakat siswa dan guru termasuk hiburan karena dilengkapi peralatan karoke dan rekaman lagu.

Baca juga: Laporan Rektor Univet Bantara, Dua Prodi Raih Akreditasi Predikat Unggul

"Kita masih terus berbenah fasilitas interior ruangan sambil memaksimalkan penggunaan alat yang sudah siap digunakan untuk pembuatan konten. Selain itu harapan saya semua fasilitas ini dijaga dan dirawat sebaik-baiknya," ungkapnya.

Dikatakan pula, pihaknya memberikan tugas kepada Sofyan selaku pelatih ekstra jurnalistik dan broadcasting radio untuk membantu pembuatan konten radio internet sekolah berupa jingle iklan, pengantar siaran pagi, siang, malam yang melibatkan pengisi suara dari guru dan siswa.

Sementara itu, Argi Noor menerangkan fungsi dan penggunaan peralatan podcast dan radio internet. Penggunaan peralatan di studio ini ada tiga fungsi yaitu studio rekaman untuk podcast dan sebagainya, ruang karoke, dan ruang bel sekolah.

"Peralatan ini memiliki spesifikasi yang berat dan mumpuni untuk menjalankan tiga fungsi tersebut. Alat-alatnya ada dua microphone, dua headphone khusus untuk rekaman podcast dan musik. Ada microphone wireles untuk karoke yang sudah disediakan. Saat rekaman kondisi speaker off mendengarkan lewat headphone saja. Untuk cek suaranya menggunakan speaker," jelasnya. (Sofyan)

Baca juga: Pesantren Life Skill SD Muhammadiyah PK Banyudono


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top