IAKMI Cabang Sukoharjo Ikut Pelantikan Bersama 13 Pengcab di Jawa Tengah

Print Friendly and PDF


IAKMI Cabang Sukoharjo Ikut Pelantikan Bersama 13 Pengcab di Jawa Tengah

Sukoharjo- majalahlarise.com -Pengurus Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Daerah Jawa Tengah melantik sebanyak 14 cabang IAKMI, pada Minggu (29/01/2023) di Hotel Noormans Semarang. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IAKMI Provinsi Jawa Tengah Taufik Kurrachman S.K.M., M.Kes. Pelantikan juga dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) IAKMI Dedi Supratman, S.K.M., M.K.M dan Ketua Terpilih PP IAKMI Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS. Salah satu cabang yang dilantik dalam acara tersebut yakni Pengurus Cabang (Pengcab) IAKMI Kabupaten Sukoharjo, yang diwakili oleh Ketua Pengcab Sukoharjo yang baru, yaitu Titik Haryanti, S.K.M, M.P.H. Selain ketua Pengcab IAKMI Kabupaten Sukoharjo yang hadir dalam acara pelantikan ini ada Ayu Khoirotul Umaroh, SKM., MKM. sebagai seksi advokasi, Sri Supami, SKM sebagai seksi pengabdian kepada masyarakat dan Endah Dwi Mustikarini, SKM sebagai seksi penjaminan mutu dan SKP.

IAKMI Cabang Sukoharjo berdiri sejak tahun 2014. Kepengurusan yang baru periode 2023-2026 terdiri dari 27 anggota yang dibagi menjadi 5 bidang. Bidang Pengembangan organisasi dan Kerjasama terdiri dari Seksi Pengembangan Organisasi dan Seksi Kerjasama Antar Lembaga. Bidang Riset Pengembangan dan Publikasi terdiri dari Seksi Riset Pengembangan Kesehatan Masyarakat dan Seksi Publikasi Ilmiah. Bidang Sertifikasi, Registrasi dan Lisensi terdiri dari Seksi Sertifikasi, registrasi dan Lisensi dan Seksi Penjaminan Mutu dan SKP. Bidang Advokasi dan Pengabdian Masyarakat terdiri dari Seksi Advokasi dan Seksi Pengabdian Masyarakat. Bidang Pembinaan Profesi, Pendidikan dan Pelatihan terdiri dari Pembinaan Profesi dan Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan.

Prosesi pembacaan ikrar pengurus cabang yang dipimpin oleh Ketua Pengda IAKMI Provinsi Jawa Tengah Taufik Kurrachman S.K.M., M.Kes dan diikuti oleh 14 ketua cabang berlangsung sangat hikmat. Ketua Pengda IAKMI Provinsi Jawa Tengah juga menyematkan pin IAKMI dan memberikan ucapan selamat kepada seluruh ketua cabang tersebut. Ketua Pengda IAKMI juga menyampaikan pesan agar cabang IAKMI yang dilantik semakin produktif dan dinamis untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah masing-masing.

Baca juga: Sosialisasi Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Kota Surakarta

Acara pelantikan tersebut juga diisi dengan seminar nasional dengan Tema “Penguatan Peran Ahli Kesehatan Masyarakat dalam Pembangunan Kesehatan”. Pembicara pertama disampaikan oleh Dedi Supratman (Ketua Umum PP IAKMI) menyampaikan materi tentang penguatan kompetensi ahli kesehatan masyarakat. Materi kedua tentang Peran Ahli Kesehatan Masyarakat dalam Penguatan Primary Health Care yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Desie Frihandini Afief, SKM,MH.Sc. Materi ketiga tentang Best Practice eksistensi IAKMI Cabang Batang untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan masyarakat dan kerjasama yang dibangun dengan lembaga terkait.

Setelah kegiatan seminar dilanjutkan dengan sarasehan antara pengurus pusat dengan pengda dan Pengcab IAKMI yang ada di wailayah Jawa Tengah. Dalam sarasehan beberapa Pengcab menyampaikan permasalahan yang dihadapi anggota di masing-masing Pengcab dan harapan ke depan agar IAKMI memberikan peran dalam pembangunan kesehagan. Kegiatan yang dilakukan dari pagi sampai sore itu diakhiri dengan pidato pengobar semangat yang disampaikan oleh Ketua Terpilih PP IAKMI Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS. (Sofyan)

Baca juga: Danacita dan Unisri Bersinergi, Mudahkan Biaya Mahasiswa untuk Studi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top