Tim Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Laksanakan Penelitian Penerapan Program Sekolah SBO Terhadap School Branding SMA Negeri 1 Seyegan Yogyakarta

Print Friendly and PDF

 

Tim Peneliti bersama
Kepala Sekolah dan Guru SMA Negeri 1 Seyegan Yogyakarta.

Tim Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Laksanakan Penelitian Penerapan Program Sekolah SBO Terhadap
School Branding SMA Negeri 1 Seyegan Yogyakarta

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim Penelitian Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yaitu Dr. Betty Gama, M.Si, (Ketua), Dr. Drs. Yoto Widodo, M.Si. (Anggota), Henny SK, S.Sos, M.I.Kom. (Anggota), Adhika Prasetya K, S.Sos.MM (Anggota) telah melaksanakan penelitian Penerapan Program Sekolah SBO Terhadap
School Branding SMA Negeri 1 Seyegan Yogyakarta.

Ketua Penelitian Dosen, Dr. Betty Gama, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/1/2023) menyampaikan dipilihnya SMA Negeri 1 Seyegan Yogyakarta sebagai tempat penelitian karena sekolah ini sudah dikenal sebagai sekolah yang banyak memiliki prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik. Hal inilah yang kemudian mendorong pimpinan sekolah untuk lebih meningkatkan prestasi siswanya dengan melakukan inovasi atau terobosan menjadikan sekolah berbasis sains, budaya dan olahraga (SBO). Inovasi yang dilakukan sekolah mendapat dukungan penuh dari GKR Hemas dimana SMA Negeri 1 Yogyakarta menjadi sekolah berbasis SBO.

SMA Negeri 1 Seyegan semakin diminati dengan banyaknya siswa yang menuntut ilmu di sekolah tersebut. Program KKO mulai menerima peserta didik baru tahun akademik 2022-2023 dengan keseluruhan jumlah siswa sebanyak 530 orang (kelas reguler dan kelas SBO) yang terdiri dari siswa laki-laki 262 orang dan  siswa perempuan 268 orang. Banyaknya prestasi yang diraih para siswanya menjadikan SMA Negeri 1 Seyegan semakin dikenal masyarakat dan termasuk sekolah sangat bagus. Hal ini mengakibatkan school branding atau pencitraan sekolah menjadi meningkat.

Meningkatnya branding sekolah dapat dilihat dari pertama, pada Tahun Ajaran 2021/2022 mendapatkan peringkat I Sekolah dengan Siswa-siswi terbanyak yang diterima PTN melalui SMBPTN di Seluruh Kabupaten Sleman (Dua Tahun Berturut-turut). Kedua, SMA Negeri 1 Seyegan sudah mengikuti tes PISA (Programme for International Student Assessment) atau Program Penilaian Pelajar Internasional pada tanggal 27 Mei 2022 lalu (Razak, 2022). Selain itu salah satu siswanya yang bernama Hokky Caraka menjadi Tim Nasional (Timnas) U-23.

Wawancara dengan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Seyegan
Bapak Kristya Mintarja, S.Pd., M.Ed.St.


Sebagai sekolah yang menerapkan sains, budaya dan olahraga hal ini mengakibatkan banyak sekali aktifitas-aktifitas yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Seyegan. Bidang sains misalnya, dengan mengirimkan siswa ikut olimpiade matematika. Bidang budaya, dengan mengadakan pagelaran budaya Jawa wayang kulit, pentas seni, flashmob tarian Beksan Wanaran oleh siswa.

Bidang olahraga dengan mengikutkan berbagai lomba cabang olahraga. Dapat dikatakan semua lomba yang diikuti oleh siswa SMA Negeri 1 Seyegan selalu memperoleh juara terutama bidang olahraga. Prestasi yang diperoleh peserta didik ini menjadikan sekolah memiliki rangking sekolah sangat baik dan terakreditasi A. Tentu saja hal ini menambah kepercayaan masyarakat dan branding sekolah meningkat. Dampak dari prestasi siswa sangat jelas, dapat meningkatkan branding dan citra di mata masyarakat terhadap sekolah.

"Penelitian ini mempunyai 3 (tiga) tujuan yaitu untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap program Sekolah SBO pada SMA Negeri 1 Seyegan, untuk mengetahui apakah dengan  penerapan program Sekolah SBO menjadikan SMA Negeri 1 Seyegan unggul, dan untuk mengetahui pendapat siswa terhadap penerapan Sekolah SBO," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, metode penelitian menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Data penelitian berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai sekolah yang menerapkan program SBO, menjadikan school branding SMA Negeri 1 Seyegan semakin meningkat dan banyak dikenal masyarakat karena peserta didik banyak meraih berbagai prestasi kejuaraan baik tingkat lokal, daerah dan provinsi," ungkapnya.

Siswa-Siswi Sma Negeri 1 Seyegan 
sedang menjawab angket penelitian.

Ditempat yang sama, salah satu anggota penelitian Adhika Prasetya K, S.Sos. MM menambahkan sebagai sekolah dengan predikat sekolah sains, budaya dan olahraga menjadikan SMA Negeri 1 Seyegan banyak dikenal dikalangan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Hal ini disebabkan karena sekolah tersebut sangat sering memenangkan berbagai kompetisi atau pertandingan yang diikuti baik tingkat lokal, daerah, dan nasional. Kejuaraan demi kejuaraan yang diraih oleh para siswa mengakibatkan school branding (pencitraan sekolah) SMA Negeri 1 Seyegan  meningkat sehingga kepercayaan masyarakat juga meningkat.

"Branding sekolah merupakan suatu strategi atau upaya yang dilakukan oleh sekolah dengan menonjolkan ciri khas yang dimiliki oleh sekolah terhadap brand yang ditawarkan. Brading memiliki pengaruh yang sangat besar dan menentukan hidup atau atau matinya sebuah brand. Melalui branding sebagai Sekolah SBO maka tentu saja hal ini merupakan suatu tantangan bagi pihak SMA Negeri 1 Seyegan untuk mempertahankan nama baik sekolah agar brand sebagai Sekolah SBO selalu melekat selama-lamanya," terangnya.

Disampaikan pula, media massa mempunyai peran penting dalam membentuk branding sekolah. Melalui pemberitaan yang disampaikan mampu membentuk terjadinya opini publik terhadap sekolah. Disisi lain sekolah juga memerlukan publikasi-publikasi yang dilakukan oleh media massa melalui aktifitas yang dilakukan guna menambah kepercayaan masyarakat yaitu dengan menyampaikan berita mengenai keunggulan sekolah, prestasi siswa dan guru, dan kegiatan-kegiatan lain yang mengandung nilai berita. Termasuk juga berita mengenai kompetisi yang dimenangkan oleh siswa dari SMA Negeri 1 Seyegan.

"Kejuaraan atau perlombaan yang diikuti oleh siswa tentu saja pada akhirnya menjadi konsumsi media untuk diberitakan ke berbagai media cetak, elektronik dan media sosial. Seiring dengan publikasi diberbagai media menjadikan school branding SMA Negeri 1 Seyegan meningkat. Hal ini merupakan salah satu faktor yang mendorong siswa untuk menentukan pilihannya melanjutkan studi di SMA Negeri 1 Seyegan. Publikasi oleh media dalam bentuk  pure publicity, tie-in publicity dan free-ride publicity tentu saja sangat menguntungkan SMA Negeri 1 Seyegan sebagai sekolah yang terbaik dan terbesar di Kabupaten Sleman," jelasnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top