Mahasiswa Unisri Magang Kerja di BAPERLITBANG Karanganyar

Print Friendly and PDF



Mahasiswa Unisri Magang Kerja di BAPERLITBANG Karanganyar

Solo- majalahlarise.com -Universitas Slamet Riyadi Surakarta Fakultas Ekonomi menyelenggarakan kegiatan MBKM Magang Kerja TA 2022/2023. Magang Kerja ini diselenggarakan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat bekerja disuatu perusahaan maupun lembaga yang ada kaitannya dengan kompetensi yang dikuasai mahasiswa ditempat magang. Kegiatan magang kerja dapat memberikan pengalaman kerja sehingga pada saat lulus di dalam dunia perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat langsung mempraktikkan teori-teori yang telah didapat dari tempat magang kedalam dunia kerja. 

Nadia Laeli Carneli, NPM 19210021 Program Studi Akuntansi merupakan mahasiswa MBKM Magang Kerja UNISRI yang bertempat di Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPERLITBANG) Kabupaten Karanganyar. Dengan Dosen Pembimbing Magang Dr. Hudi Kurniawanto, SE., MM.

BAPERLITBANG merupakan lembaga perangkat daerah yang bertugas melaksanakan fungsi perencanaan dalam hal pembangunan daerah di Kabupaten Karanganyar. BAPERLITBANG juga bertugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan di bidang perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah Kabupaten Karanganyar. 

MBKM Magang Kerja di BAPERLITBANG Kabupaten Karanganyar dilaksanakan selama 2 bulan terhitung dari 7 November hingga 23 Desember 2022. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa magang selama di kantor BAPERLITBANG Kabupaten Karanganyar di bidang Fisik dan Prasarana (FISPRA) antara lain : 

1. Mengikuti kegiatan rapat

2. Membantu menyusun Laporan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) kegiatan

3. Menuliskan nomor surat

4. Menyiapkan dokumen rapat

5. Membantu menyusun RKPD. 

Kegiatan magang ini dilaksanakan setiap hari senin - jum'at pukul 07.30 - 14.00 WIB dengan sistem kerja 5 hari kerja (Senin - Jum'at). Mahasiswa peserta magang memiliki sistem presensi dengan mengisi daftar hadir serta log book untuk mengisi kegiatan setiap hari selama magang. 

Dalam setiap kegiatan mahasiswa peserta magang dilibatkan dalam program kerja BAPERLITBANG Kabupaten Karanganyar. Salah satu contohnya, ketika mengikuti rapat program kerja mahasiswa peserta magang diarahkan untuk menjaga daftar hadir rapat setelah itu mahasiswa mengikuti kegiatan rapat hingga selesai. Pembimbing lapangan magang di BAPERLITBANG Karanganyar khususnya bidang FISPRA yaitu Bapak Agung Sri Aji, SP., MM serta Ibu Darul Amal Sholihah, S.P.W.K memberi tugas harian pada mahasiswa magang seperti membantu menyusun SPJ, menuliskan nomor surat, mencetak undangan dll. 

"Dua bulan melaksanakan Magang di BAPERLITBANG Karanganyar merupakan pengalaman pertama kali yang sangat berharga dan tak terlupakan, karena mahasiswa peserta magang merasa mendapat pengalaman kerja sesungguhnya beserta ilmu yang bermanfaat dari para karyawan dan staff di BAPERLITBANG Karanganyar. Selain itu mahasiswa juga dapat mengetahui bagaimana sistem kerja perangkat daerah yaitu BAPERLITBANG Kabupaten Karanganyar dalam bidang perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah Kabupaten Karanganyar. Khususnya dalam pembangunan perekonomian daerah Kabupaten Karanganyar," terang Nadia Laeli Carneli. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top