Mahasiswa Unisri Laksanakan Magang Kerja di BAPERLITBANG Karanganyar

Print Friendly and PDF



Mahasiswa Unisri Laksanakan Magang Kerja di BAPERLITBANG Karanganyar

Karanganyar- majalahlarise.com -Magang Kerja Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM ) 2022 Mahasiswa UNISRI melakukan Magang kerja yang dilaksanakan selama dua bulan dimulai dari tanggal 7 November sampai dengan 23 Desember 2022 di  Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Karanganyar yang berlokasi di Jl. Majapahit, Komplek Perkantoran Cangakan, Karanganyar. Hari kerja di BAPERLITBANG adalah Senin – Jumat dengan jam kerja mulai 07.30 – 16.00 WIB. 

Magang Kerja  adalah salah satu mata kuliah wajib Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta, sebagai upaya mendorong mahasiswa agar mendapatkan pengalaman kerja dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, magang kerja ini diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi Akuntansi UNISRI.

Salah satu mahasiswa UNISRI Milen Nursi Adepril NPM 19210029 program studi Akuntansi dengan DPM Dr. Hudi Kurniawanto, S.E., M.M.  melaksanakan magang kerja di BAPERLITBANG dan di tempatkan langsung di Bidang Penelitian, Pengembangan dan Penyusunan Program ( LITBANG), bagian ini memiliki job desk yaitu membuat RKPD tahunan  dan evaluasi RKPD tahunan, menyusun dokumen perencanaan perangkat daerah yang terbagi menjadi tiga sub bidang yaitu RKPD RPJMD dan khusus di tahun ini ada RPD, penggalian dan evaluasi RKPD, penelitian dan pengembangan yang didalamnya mencakup krenova Pemetaan Daya Saing Daerah (PDSD), Inovative  Government Award (IGA) dan Indeks Inovasi Daerah (IID).

Program kerja yang saya lakukan adalah merekap data Penetapan Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  tahun 2022 melalui Microsoft Excel dengan mencatat  data pengeluaran keuangan RKPD 2022 setelah perubahan dan APBD 2022 setelah perubahan di setiap OPD.

Mendekati akhir tahun 2022 banyak pekerjaan kantor yang harus segera diselesaikan sesuai target sebelum tutup tahun sehingga dengan adanya mahasiswa magang di BAPERLITBANG berbagai pekerjaan yang sebelumnya menumpuk dapat terselesaikan sedikit demi sedikit lebih cepat. Disamping itu, manfaat magang bagi mahasiswa adalah memperoleh pengalaman baru merasakan bagaimana suasana kerja yang sesungguhnya, memperoleh relasi lebih banyak, dan mengasah kemampuan individu agar lebih berkembang dalam mempersiapkan diri kedalam dunia kerja. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top