Mahasiswa Asistensi Mengajar Unisri Ikut Serta Program Kurikulum Merdeka P5, Pembuatan Karya Taplak Meja Ecoprint

Print Friendly and PDF

Siswa SMPN 1 Gondangrejo saat membuat taplak meja ecoprint.


Mahasiswa Asistensi Mengajar Unisri Ikut Serta Program Kurikulum Merdeka P5, Pembuatan Karya Taplak Meja Ecoprint

Karanganyar- majalahlarise.com- Mahasiswa Asistensi Mengajar Unisiri di SMPN 1 Gondangrejo, Zulfarisa Lailatul Qodriyah turut berpartisipasi dalam penerapan P5 di SMPN 1 Gondangrejo. Kegiatan P5 dilaksanakan setiap hari Kamis dan diikuti oleh seluruh kelas VII yang sudah mulai memakai kurikulum merdeka. 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka adalah kegiatan kukurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Prinsip yang diterapkan untuk penguatan profil pelajar Pancasila salah satunya adalah prinsip eksploratif yang berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses pengembangan diri dan inkuiri, baik terstruktur maupun bebas. Projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata peserta didikan. Oleh karenanya projek profil ini memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi peserta didikan, alokasi waktu, dan penyesuaian dengan tujuan pembelajaran.

Baca juga: MI Muhammadiyah Al Akbar Pandeyan "MIMPA JUARA" Ketiga Kalinya Menjuarai SOLOPOS X MILKU Fulsal Tournament

Penerapan P5 di SMPN 1 Gondangrejo membuahkan hasil yang begitu baik bagi peserta didik. Kegiatan ini dilakukan dengan metode berkelompok untuk meningkatkan kerja sama dan kekompakaan antara teman yang satu dengan yang lainnya. Dalam pembuatan 1 projek P5 dilakukan secara bertahap dalam satu kali seminggu di setiap pertemuan.

"Luaran yang didapat dari Ecoprint dalam penerapan P5 ini adalah nantinya taplak meja yang dibuat oleh setiap kelompok peserta didik akan dijual dan digunakan untuk kelas mereka. Selain itu, peserta didik juga dapat mengambil pelajaran bahwa mereka dapat memanfaatkan bahan alam yang ada di sekitar lingkungan mereka," terang Zulfarisa Lailatul Qodriyah kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Baca juga: Kegiatan Wisata Religi Majlis Ta'lim SMP Negeri 8 Surakarta ke Masjid Turen Malang



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top