Mahasiswa Asistensi Mengajar UNISRI Berpartisipasi dalam Program P5, Inovasi Kegiatan “Bank Sampah” di SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar

Print Friendly and PDF

Salah satu kegiatan P5 yang telah terlaksana di SMP 2 Colomadu ini yakni inovasi “Bank Sampah”.


Mahasiswa Asistensi Mengajar UNISRI Berpartisipasi dalam Program P5, Inovasi Kegiatan “Bank Sampah” di SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar

Karanganyar- majalahlarise.com -Asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal. Aktivitas mengajar di satuan pendidikan ini dilaksanakan selama 1 semester (4 Bulan) setara dengan 20 SKS. Program Asistensi Mengajar ini diikuti kurang lebih 30 Mahasiswa FKIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta dari berbagai Program Studi yang diterjunkan ke sekolah pada tanggal 19 Sepetember 2022 sampai dengan 31 Desember 2022. 

Salah satu mitra sekolah yang ditunjuk yaitu SMP Negeri 2 Colomadu dengan menerjunkan 2 Mahasiswa yakni Devi Amanda Mayasari dari Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) dan Rizky Handika Sari dari Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI).

Pembelajaran di SMP N 2 Colomadu ini menggunakan dua kurikulum yakni kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Kurikulum 2013 digunakan untuk kelas VIII dan kelas IX sedangkan kurikulum merdeka digunakan oleh kelas VII. 

Penimbangan hasil Bank Sampah yang sudah dikumpulkan selama satu bulan.


Baca juga: TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKN YANG MENYENANGKAN

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang didesain untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam berhasilnya proses pembelajaran dengan berbasis proyek. Proses pembelajaran ini berupa kegiatan yang dilakukan dengan cara berkelompok untuk menghasilkan suatu karya inovatif. Salah satu kegiatannya yakni kegiatan P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila. 

Kegiatan P5 ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 pada hari Kamis. Salah satu kegiatan P5 yang telah terlaksana di SMP 2 Colomadu ini yakni inovasi “Bank Sampah” yang dilaksanakan mulai hari Kamis, 3 November 2022.

Pada pertemuan tersebut siswa diberikan materi terlebih dahulu mengenai jenis-jenis sampah, bagaimana prosedur daur ulang agar sampah tersebut bisa dimanfaatkan kembali, dan apa saja keuntungan yang akan didapat dari adanya kegiatan tersebut. Setelah penyampaian materi, siswa akan diberikan pengarahan mengenai kegiatan bank sampah yang akan dilaksanakan yakni siswa harus bisa  memilah sampah dan menyimpannya di dalam plastik sampah dan disimpan di pojok ruang kelas selama dua minggu atau satu bulan. Setelah dua minggu atau satu bulan, sampah tersebut harus ditimbang dan disetor ke pengepul rosok untuk mendapatkan uang. Uang hasil rosok tersebut digunakan untuk menambah uang kas kelas. 

Untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan Bank Sampah maka dibentuklah struktur organisasi yang didalamnya terdapat ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Pada tiap – tiap kelas terdapat 2 anggota yang bertugas untuk menyetorkan sampah kepada pengepul rosok. 

Pada hari Jum’at, 2 Desember 2022, SMP 2 Colomadu mengadakan penimbangan hasil Bank Sampah yang sudah dikumpulkan selama satu bulan. Penimbangan ini dilaksanakan beriringan dengan kegiatan kebersihan menjelang pelaksanaan PAS untuk hari Senin. (Sofyan)


Baca juga: Tim Reporter Siswa SMPN 1 Manyaran Liputan di Obyek Wisata Kecamatan Manyaran



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top