Tim Reporter Siswa SMPN 1 Manyaran Liputan di Obyek Wisata Kecamatan Manyaran

Print Friendly and PDF

Tim reporter siswa SMPN 1 Manyaran saat melaporkan di obyek wisata Umbul Nogo Manyaran.


Tim Reporter Siswa SMPN 1 Manyaran Liputan di Obyek Wisata Kecamatan Manyaran

Wonogiri- majalahlarise.com -Untuk mengembangkan ketrampilan siswa dibidang jurnalistik TV, siswa yang tergabung dalam tim reporter siswa SMP Negeri 1 Manyaran Wonogiri melakukan liputan tempat wisata di kecamatan Manyaran. Tempat wisata yang diliput yaitu obyek wisata Umbul Nogo, Kampung Wayang Kepuhsari, Air Terjun Banyu Nibo di Nguwur dan wisata kuliner di warung makan ayam goreng Mbak Yanti. Mereka didampingi guru pendamping Susanto dan Sofyan dari Larise TV. Sabtu (3/11/2022).

Sebelum berangkat ke tempat liputan, para siswa menerima pengarahan dari bapak Sofyan tentang teknik reportase ketika berada dihadapan kamera, teknik pembacaan narasi dan alur obyek gambar yang akan diambil. Setelah menerima penjelasan dilanjutkan proses liputan yang diawali laporan pemberangkatan tim reportase siswa SMP Negeri 1 Manyaran ke lokasi obyek Wisata.

Menurut Kepala SMP Negeri 1 Manyaran, Agus Sumarno, S.Pd, M.Pd kegiatan reporter siswa ke obyek wisata wilayah Manyaran sebagai sarana untuk mengembangkan bakat siswa dibidang jurnalistik sebagai reporter yang melaporkan langsung dari lokasi peristiwa. Selain itu, turut serta mempromosikan obyek wisata yang ada di kecamatan Manyaran kepada masyarakat luas.

Tim reporter siswa SMPN 1 Manyaran saat melaporkan liputan wisata kuliner warung makan Mbak Yanti.

Baca juga: Persatuan Masyarakat Batak Soloraya (PMBS) Gelar Perayaan Natal tahun 2022

"Hasil liputan ini nantinya akan diputar dalam acara puncak HUT SMP Negeri 1 Manyaran disaksikan oleh para pejabat kecamatan Manyaran, orang tua siswa, dan para tamu undangan," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, adanya reportase ini sesuatu yang sangat menarik siswa untuk mewadahi siswa berkreativitas dalam bingkai literasi sekolah. Selain siswa menulis mereka dapat melaporkan dalam bentuk video. 

"Selain hasil video reportase siswa ini yang ditayangkan, juga akan kita lauching E-Majalah dan radio internet sekolah. Mudah-mudahan adanya E-Majalah dan radio internet sekolah ini siswa semakin enjoy dan happy berkegiatan di dunia digital," harapannya.

Sementara itu, guru pendamping Susanto menyampaikan reportase ini baru pertama kali diadakan di SMPN 1 Manyaran. Ini sesuatu yang baru dan bisa mengembangkan bakat siswa. "Mudah-mudahan ini terus berlanjut dan menjadi kegiatan bermanfaat bagi siswa kedepannya," ungkapnya.

Selama melakukan reportase, siswa merasa senang dan antusias walau kadang masih grogi namun bisa teratasi dengan baik berjalan lancar. (Yul)


Baca juga: TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKN YANG MENYENANGKAN


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top