Selama Revitalisasi Taman Balekambang Ketoprak Pentas di Graha Wisata Niaga Sriwedari

Print Friendly and PDF



Selama Revitalisasi Taman Balekambang Ketoprak Pentas di Graha Wisata Niaga Sriwedari 

Solo- majalahlarise.com -Ketoprak Balekambang yang pentas rutin setiap hari Sabtu di Gedung Kesenian Ketoprak Taman Balekambang, mulai Sabtu malam (24/9-2022) untuk sementara pindah pentas di Gedung Ghra Wisata Niaga Sriwedari, karena adanya revitalisasi taman Balekambang selama kurang lebih selama 1,5 tahun.

Menurut Koordinator Ketoprak Balekambang, Tatak Prihantoro, langkah ini diambil agar Ketoprak Balekambang tetap bisa eksis pentas menghibur masyarakat.

"Ketoprak Balekambang saat ini sudah menjadi salah satu ikon kesenian tradisi yang masih tetap eksis pentas setiap hari Sabtu malam di taman Balekambang, maka agar tidak mengecewakan masyarakat, khususnya penggemar fanatik, mulai Sabtu malam akan pentas di pusat Graha Wisata Niaga," ungkapnya.

Lebih lanjut, Tatak Prihantoro, menjelaskan pentas yang didukung 80 personil ini, khusus pentas perdana akan di gratiskan. Bila pentas rutin di taman Balekambang penonton dikenai HTM 10 ribu.

"Target kami bisa menjaring penonton dari kalangan milenial agar Ketoprak tetap bisa lestari di tengah gempuran era digital saat ini," tandasnya.

Pentas perdana di Graha Wisata Niaga akan mengambil lakon Jaka Tingkir Dadi Ratu. Pemilihan lakon ini tidak terlepas dari viralnya lagu Jaka Tingkir yang sempat menimbulkan pro kontra.

Baca juga: Dukung MBKM Fakultas Pertanian Univet Bantara Tandatangani MoU dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

"Ini sebuah kesempatan kami untuk mengedukasi dan mengenalkan sosok fiqur siapa sebenarnya Jaka Tingkir ini kepada generasi muda yang umumnya sudah tidak mengenal lagi sejarah masa lampau," urainya.

Pentas akan disutradarai oleh Slamet Meteor Slank, sutradara ketoprak senior dan dimeriahkan penampilan pelawak Bogang Cs yang juga salah satu personil Kampung Riwil dari Bakar Production yang sedang naik daun. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top