MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN MATERI PANCASILA MELALUI MEDIA QUIZIZ

Print Friendly and PDF

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN MATERI PANCASILA MELALUI MEDIA QUIZIZ

Oleh : Danang Dwi Wicaksono, S.Pd
Guru SMK Negeri 1 Kawunganten, Cilacap Jawa Tengah

Danang Dwi Wicaksono, S.Pd


       Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pembelajaran PPKn diharapkan mampu memberikan perhatiannya kepada pengembangan nilai, moral, dan sikap perilaku peserta didik. PPKn sejatinya studi tentang kehidupan sehari-hari yang mengajarkan bagaimana menjadi warga negara yang baik dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia (Ani Sri Rahayu, 2007: 1). Sedangkan manfaat PPKn yang wajib diikuti oleh semua murid dan pendidik mulai dari sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi diantaranya menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, membantu memahami arti sebenarnya dari Pancasila, membantu individu untuk mencintai Negara Indonesia, agar individu dapat berperilaku sesuai dengan isi dari butir-butir Pancasila, individu dapat mengamalkan Pancasila disegala situasi, pedoman menjadi warga negara yang baik, memahami ideologi bangsa Indonesia, membangun karakter warga negara yang bermartabat, mewujudkan kehidupan bermoral dalam kehidupan.

       Realita di sekolah, pembelajaran PPKn khususnya pada siswa SMK Negeri 1 Kawunganten materi Pancasila masih banyak siswa nilai hasil belajar rendah atau di bawah nilai KKM. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PPKn yang ditandai siswa sering tidak memperhatikan ketika diterangkan materi pelajaran, banyak berbicara dengan teman sebangku, merasa bosan karena guru hanya menerangkan atau bercerita dan siswa diharuskan menghafal.

       Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penulis sebagai guru PPKn harus memilih media pembelajaran yang sesuai, bahkan guru wajib menyediakan media yang mampu membantu perhatian dan pemahaman serta motivasi belajar bagi siswa. Maka penulis menggunakan media pembelajaran Quiziz.

       Pengertian motivasi menurut Mulyasa (2003: 112) motivasi adalah tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah sesuatu tertentu. Sedangkan menurut Martinis Yamin (2007: 228) motivasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu: 1) motivasi intrinsik dan 2) motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik dimaksudkan dengan motivasi yang bersumber dari dalam diri seseorang atas dasarnya kesadaran sendiri untuk melakukan sesuatu pekerjaan belajar. Motivasi ekstrinsik dimaksudkan dengan motivasi yang datangnya dari luar diri seseorang yang menyebabkan peserta didik melakukan kegiatan belajar.

       Secara harfiah media berarti perantara atau pengantar. Sadiman (1993) mengemukakan media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini media dapat diartikan wadah dari pesan yang oleh sumbernya ingin diteruskan kepada sasaran atau penerima pesan, materi yang diterima adalah pesan intruksional, dan tujuan yang dicapai adalah tercapainya proses pembelajaran.

       Media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar (Cecep Kustandi & Daddy Darmawan, 2020). Mengingat berbagai macam media pembelajaran maka guru harus cermat dan tepat dalam memilih media pembelajaran sesuai materi yang diajarkan sebab media pembelajaran digunakan untuk komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, penulis memilih media Quiziz untuk pembelajaran materi Pancasila.

       Quiziz yaitu media pembelajaran berupa media online untuk membuat sebuah pemaparan materi dalam bentuk kuis interaktif yang diperkaya dengan animasi dan interaksi yang sangat menarik serta mudah digunakan. Aplikasi ini dapat diakses di situs www.Quizizz.com. Menurut Amornchewin (2018: 87) memaparkan bahwa Quizizz adalah alat atau media pembelajaran yang dipercaya dapat memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran dengan fitur-fitur menarik. Quizizz merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat kuis interaktif multiplayer yang dapat diakses melalui perangkat seperti komputer, smartphone atau tablet untuk menyelesaikan kuis tersebut.

       Penerapan media Quiziz pada materi Pancasila cukup mudah digunakan siswa. Siswa dapat mendaftar dengan menggunakan akun Google, kemudian dapat dimulai menggunakan Quiziz. Sedangkan guru menggunakan dengan cara yang sederhana yaitu setelah mendaftar cukup klik 'buat kuis' di bagian atas halaman, lalu mulai membuat pertanyaan yang berhubungan dengan materi Pancasila.

       Setelah diterapkannya media Quiziz untuk pembelajaran PPKn materi Pancasila membawa dampak signifikan pada motivasi siswa. Hal ini terlihat siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran bahkan siswa juga ada yang membuat pertanyaan kuis yang ditujukan kepada siswa lainnya. Hal ini juga membawa dampak adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil ulangan harian yang mencapai nilai di atas KKM lebih dari 95%.

       Dari penerapan media Quiziz sebagai media pembelajaran, penulis dapat menyarankan kepada guru yang lain menggunakan media Quiziz sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa mampu meningkatkan motivasi yang akhirnya membawa dampak hasil belajar siswa meningkat.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top