SD Negeri 6 Wonogiri Sukses Menggelar Panggung Bhinneka

Print Friendly and PDF

Penampilan band SDN 6 Wonogiri.


SD Negeri 6 Wonogiri Sukses Menggelar Panggung Bhinneka

Wonogiri- majalahlarise.com -SD Negeri 6 Wonogiri menggelar puncak acara peringatan HUT ke 77 Republik Indonesia berajuk Panggung Bhinneka. Acara digelar mulai pukul 14.00 s.d. 17.00 dengan menampilkan potensi semua siswa mulai drum band Gema Heksa Persada, pantomim, pencak silat, musikalisasi puisi, akustik blek, fashion show kebhinnekaan, sing dance, band sdensix, tari serta Reog Kolosal. 

"Panggung ini mengusung tema Bhinneka, yang artinya perbedaan potensi, latar belakang, pola berfikir dari semua entitas sekolah kita satukan, kita sinergikan sehingga menjadi sebuah kekuatan besar untuk mendukung pendidikan anak. Semua siswa harus tampil ke atas panggung, semua siswa harus berperan, tidak boleh yang hanya jadi penonton. Dengan demikian akan muncul keberanian berkspresi, kemandirian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam diri siswa. Acara ini sekaligus sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)," ungkap Eko Siswanto kepala SD Negeri 6 Wonogiri.

Acara juga disiarkan secara live melalui Youtube official SD Negeri 6 Wonogiri. Pak Mus dan Bu Tri bertindak sebagai MC memandu acara ini dengan meriah. Terbukti halaman sekolah dipenuhi dengan penonton baik. Acara diawali dengan penyerahan hadiah lomba Agustusan oleh ketua panitia Sugiyatto kepada para pemenang.

Pemain drum band saat foto bersama kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti.

Hadir pada acara ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, ibu Yuli Bangun Nursanti beserta jajaran pejabat dinas, Korwil Bidang Pendidikan kecamatan Wonogiri bapak Pamuji, pengurus KKKS SD kecamatan Wonogiri, komite sekolah, ketua Perguruan Pencak Silat Anak Naga sekaligus ketua KONI, alumni dan tamu undangan lainnya. Karena terbawa suasana yang haru, senang, bahagia melihat penampilan anak-anak yang luar biasa, dalam sambutannya bu Yuli menyampaikan apresiasi untuk “Lanjutkan” event ini untuk melompat lebih tinggi. Beliau juga mengapresiasi orang tua yang telah mendukung sepenuhnya acara ini. Sedangkan Pamuji juga memberikan apresiasi “luar biasa” kepada SD Negeri 6 Wonogiri.

Pada acara ini juga disampaikan penghargaan duta prestasi kepada siswa siswi yang sudah megikuti lomba/ kompetisi dan membawa nama SD Negei 6 Wonogiri. Ada 10 siswa yang mendapat apresiasi dan diserahkan langsung oleh kepala Dinas P dan K Wonogiri yaitu; Raditya Galang, Juara 2 O2SN Pencak Silat Tingkat Provinsi 2022 (maju tingkat nasional); Narawikaning Paweshtri, OSN Matematika; Marva Nuria Zahidah, OSN IPA; Yonis Bani Mulyo, Juara II Kelas 42 kg Putra Kategori Belia Kejuaraan Judo Solo Open; Naufal Abiyu Mubyarto, Juara 3 Polda Cabor Tenis Meja Tingkat SD Single Putra; Kinkan Ayunda Harahap, Juara 1 Menyanyi Tunggal FLS2N Kecamatan Wonogiri; Hapsari Adisekar Widowati dan Aisyah Aulia Qoirunnisa, Juara 3 Pantomim FLS2N Kecamatan Wonogiri; Bilqis Hasna Nabila, POPDA cabang renang; Robby Cendikia Juara Harapan 2 Kriya Anyam FLS2N Kecamatan Wonogiri.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penyerahan SK Komite Sekolah periode 2022-2025 kepada ketua terpilih yaitu Rustam Adji serta SK paguyuban orang tua kepada masing-masing ketua paguyuban kelas. Hal ini sekaligus sebagai komitmen bersama bahwa sekolah memberikan ruang kepada orang tua untuk terlibat langsung dalam penyelenggaraan pendidikan. Sekolah mendapat dukungan penuh orang tua dan komite. 

Acara ditutup dengan panampilan reog kolosal dengan pelatih dan dukungan Sanggar Seni Reog Batara binaan Isnarto Utomo dari Salak Giripurwo. Mas Uut memberikan nama Reog Cikal Merdhika dengan filosofi bahwa reog SD Negeri 6 Wonogiri lahir pada awal kurikulum merdeka. Meskipun latihan dalam waktu singkat, tetapi anak-anak tampil luar biasa.

Selaku orang tua, Nugroho Harimurti mengatakan acara ini perlu dilestarikan, sehingga memberikan inspirasi dan menimbukan kreasi anak-anak. "Acaranya amat sangat meriah dan ke depannya lebih meriah lagi," ungkapnya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top