PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP IT AL FURQAN AMBAL

Print Friendly and PDF

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP IT AL FURQAN AMBAL 

Oleh: Aulia Puspita Sari, S.Pd.  

SMP Islam Terpadu  AL Furqan Ambal, Kebumen Jawa Tengah


Aulia Puspita Sari


      Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dalam pembelajaran menulis teks prosedur adalah pembelajaran berbasis proyek atau dikenal dengan nama Project Based Learning (PjBL). Melalui pembelajaran kerja proyek, kreativitas dan motivasi peserta didik akan meningkat. Pembelajaran berbasis proyek mengarahkan peserta didik pada prosedur kerja yang sistematis dan standar untuk membuat atau menyelesaikan suatu produk melalui proses produksi yang sesungguhnya. 

       Pemilihan dan penggunaan media yang tepat sesuai karakteristik siswa sangatlah penting. Maka, pendidik memilih menggunakan media video sebagai solusi alternatif untuk mengatasi akar permasalahan mengenai kemampuan rendahnya peserta didik dalam menyusun teks prosedur. Penggunaan media video dengan tema pembuatan makanan dan beberapa kerajinan tangan yang sedang berkembang di masyarakat yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik SMP IT Al Furqan Ambal mampu meningkatkan hasil prestasi pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam proses ini tentunya peran pendidik dan peserta didik dapat berkolaborasi dengan baik agar mampu meningkatkan prestasi belajar, menumbuh kembangkan semangat dan minat belajar peserta didik serta tercapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan model project based learning melalui video membuat pembelajaran menulis teks prosedur menjadi lebih aktif, menyenangkan dan lebih berkesan. Peserta didik dapat mencapai kompetensi pembelajaran secara maksimal.

       Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini, ialah peserta didik kelas VII SMP IT Al Furqan Ambal yang berjumlah 23 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media video tutorial dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dikemas dengan penyampaian materi berbasis TPACK sangatlah efektif untuk meningkatkan semangat belajar. Terlihat peserta didik lebih antusias ketika belajar, peserta didik juga lebih aktif ketika sedang berdiskusi dalam kelompok  dan pembelajaran terasa menyenangkan. Selain itu, hasil prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan. Peserta didik dapat memperoleh nilai di atas KKM.

       Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan dan sikap siswa selama proses pembelajaran di kelas. Begitu juga dengan hasil menulis teks prosedur peserta didik kelas VII SMP IT Al Furqan Ambal mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata peserta didik  dalam menulis teks prosedur. Nilai rata-rata hasil tes menulis teks prosedur pada siklus I adalah 69,77 meningkat menjadi 83,42 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kepada peserta didik kelas VII SMP IT Al Furqan Ambal. 

       Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran Project Based Learning pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat membantu peserta didik untuk membentuk karakter berbahasa sopan, dan meningkatkan pendapat dengan baik dan meningkatkan kemampuan analisis serta imajinatif, peserta didik termotivasi dan semangat peserta didik dalam mengunakan media ajar untuk mengurangi rasa jenuh dalam proses belajar-mengajar di kelas. Pembaharuan media sangat penting dilakukan oleh pendidik untuk membiasakan  menggunakan media secara tidak langsung dapat menjadikan penguna mengakses informasi dan mempelajari informasi yang diaksesnya, sehingga tidak heran jika saat ini perkembangan dan penyebaran bahasa berjalan dengan sangat cepat. 

       Penerapan model pembelajaran model project based learning melalui video efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Model ini memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra di SMP. Disarankan bagi pendidik untuk menggunakan metode ini sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur. Selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk penelitian lebih lanjut mengenai model pembelajaran kreatif dan inovatif dalam konteks pendidikan.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top