KKN UNISRI Kelompok 34 DESA Tuban Kembangkan Kepercayaan Diri Melalui Public Speaking

Print Friendly and PDF

Siswa saat melakukan public speaking. 

KKN UNISRI Kelompok 34 DESA Tuban Kembangkan Kepercayaan Diri Melalui Public Speaking

Karangnyar- majalahlarise.com -Dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri agar bisa membantu public speaking yang baik, tim Kerja Nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Kelompok 34 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs. Suharno, MM, Akt, melaksanakan KKN di desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar, menyelenggarakan pelatihan kepercayaan diri melalui public speaking di SD Negeri 01 Tuban. 

"Pelatihan diikuti 22 siswa di SD Negeri 01 Tuban, Gondangrejo, pada hari Jumat" demikian diungkap pelaksana kegiatan Yuni Kartika Indah, Jumat (5/8/2022).

Lebih lanjut Yuni Kartika Indah, menjelaskan latar belakang pelatihan public speaking ini dapat bermanfaat untuk mengasah skill komunikasi siswa. 

Public speaking adalah seni terampil berbicara di khalayak umum. Public speaking  merupakan keterampilan yang dibutuhkan di zaman sekarang, tidak dapat dihindari bahwa kemampuan berbicara di depan publik menjadi nilai plus. 

Mahasiswa KKN saat foto bersama dengan siswa. 

Kegiatan diawali dengan game untuk mengajak siswa untuk interaktif, dilanjut dengan pemaparan materi tentang public speaking. Setelah materi, pemberian edukasi cara berbicara yang baik dan terstruktur, kemudian anak diajak untuk langsung mempraktikkan kemampuan berbicaranya.

Kemampuan anak berbicara di depan umum memberikan dorongan dalam kepercayaan diri anak. Kepercayaan diri inilah yang harus dibangun dan dilatih sejak dini.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah skill komunikasi, anak-anak diharapkan memiliki pemikiran yang terbuka dan berani mengutarakan ide dan pendapatnya," terang Yuni Kartika.  (Sofyan) 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top