KKN Unisri Kelompok 34 Desa Tuban Gelar Pelatihan Pembuatan Pisang Lumer

Print Friendly and PDF

Pelatihan pembuatan makanan ringan berbahan baku pisang dan lumpia di dusun Wonorejo Kidul.

KKN Unisri Kelompok 34 Desa Tuban Gelar Pelatihan Pembuatan Pisang Lumer

Karanganyar- majalahlarise.com -Dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga, Kuliah Kerja Nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Kelompok 34 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs. Suharno, MM, Akt, melaksanakan KKN di desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar, menyelenggarakan pelatihan pembuatan makanan ringan berbahan baku pisang dan lumpia di dusun Wonorejo Kidul.

"Pelatihan diikuti 25 ibu-ibu PKK dusun Wonorejo, bertempat di rumah bapak bayan, Mahmudin, pada hari Minggu lalu," demikian diungkapkan pelaksana kegiatan Mira Wahyuni,  Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut, Mira Wahyuni, menjelaskan latar belakang pelatihan pembuatan makanan ringan berbahan baku pisang dan lumpia, karena bahan baku pisang sangat mudah didapatkan disekitar desa. 

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Refleksi Terbimbing

Wonorejo Kidul merupan dusun yang memiliki potensi bidang pertanian serta kerajinan tangan yang di sebut kereno (wadah pisang). 

"Dengan latar belakang penduduk yang hanya sebagai buruh tani dan pembuat kereno yang pendapatanya masuk dalam kategori menengah ke bawah. Saya ingin membuka wawasan masyarakat desa Wonorejo Kidul bahwasanya ide usaha tidak hanya datang dari pekerjaan mereka yang sudah ditekuni selama ini. Saya ingin mengedukasi masyarakat untuk menciptakan ide baru dalam berwirausaha, berupa membuat olahan dari pisang dan lupia dengan sebutan pisang lumer. Membutuhkan modal sedikit akan tetapi dengan sentuhan kreativitas dapat menghasilkan nilai jual yang tinggi," tandasnya.

Pelatihan pembuatan pisang lumer ini mendapat sambutan antusias dari para ibu. Mereka tidak hanya mendengarkan uraian, namun juga langsung mempraktikkan. (Sofyan) 


Baca juga: Perkuat Publikasi Kampus, Humas dan Kerjasama Univet Bantara Gelar Workshop Penulisan Press Release


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top