Pelatihan Public Speaking, Dharma Wanita Persatuan UNS Hadirkan Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum

Print Friendly and PDF

Narasumber Public Speaking, Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum saat foto bersama ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan UNS. 

Pelatihan Public Speaking, Dharma Wanita Persatuan UNS Hadirkan Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum

Solo- majalahlarise.com -Ketrampilan berbicara di depan umum secara baik dan lancar menjadi salah satu hal yang didambakan banyak orang. Tidak hanya dikalangan tertentu saja ketrampilan ini harus dikuasai. Berbagai kalangan merasa bahwa penguasaan terhadap ketrampilan berbicara di depan umum sangat penting. Mengingat pentingnya penguasaan ketrampilan ini bagi siapapun yang mau belajar, maka perlu berlatih terus menerus secara berkelanjutan.

Dharma Wanita Persatuan UNS yang diketuai oleh Ny. Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho, S.E. mengadakan pertemuan rutin setiap bulannya di hari Selasa minggu pertama. DWP UNS Spesial untuk pertemuan bulan Juli tahun ini mengadakan pelatihan public speaking dengan narasumber Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum., yang merupakan dosen prodi S2 Ilmu Linguistik FIB UNS dan Public Speaker tersertifikasi BNSP RI.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan anggota DWP UNS ini dilaksanakan pada hari Selasa 5/07/2022 selama kurang lebih 2 jam bertempat di gedung secretariat DWP UNS Pusat, Jalan Ir. Sutami no 36 A Surakarta. Sebelum pemaparan oleh narasumber, acara diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars dharma wanita persatuan, baru kemudian laporan dari masing-masing bidang. Tema yang diangkat dalam pelatihan ini adalah “Bagaimana meningkatkan mental dan rasa percaya diri dalam berbicara di depan publik”.

Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi Unisri Gelar Webinar Aktualisasi Komunikasi Persuasif pada Manajemen Reputasi

Dalam sambutannya, wakil ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Sebelas Maret bidang pendidikan Ny. Arlin Kuntjoro Dihardjo mengatakan kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan ibu-ibu anggota dharma wanita Persatuan UNS dalam berbicara di depan publik. "Harapannya ibu-ibu bisa belajar banyak dari yang sudah memiliki pengalaman dibidang ini, maka ibu-ibu harus bersemangat nggih”. Tuturnya dalam sambutan diawal sebelum pemateri menyampaikan materinya.

Dalam paparannya, Dr. Wiwik Yulianti mengatakan “Rasa percaya diri akan meningkat seandainya kita bisa menguasai diri sendiri, audiens, dan menguasai materi yang kita bawakan. Tidak hanya itu saja, butuh persiapan dan latihan agar pada saat kita berdiri di depan umum bisa maksimal. Caranya bagaimana agar kita bisa menguasai diri kita sendiri?, Ada banyak cara, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah jangan memulai berbicara sebelum pikiran, rasa, dan fisik kita sinkron. Ibu-ibu bisa ambil nafas panjang secara rileks, ambil nafas, hembuskan, ambil nafas lagi, hembuskan lagi sampai ibu bisa merasakan bahwa kita berdiri di depan umum untuk menyampaikan sesuatu” tuturnya sambil mempraktekkan bagaimana cara bernafas yang benar.

Selain menyampaikan materi secara teoritis, narasumber mengajak peserta DWP UNS untuk mempraktekkan bagaimana berbicara di depan ibu-ibu yang lain. Alhasil antusias dan semangat yang luar biasa terlihat sangat jelas pada saat pelatihan berlangsung. Kegiatan praktek berbicara di depan umum yang dilakukan pada hari itu sangat menarik, terlihat dari diskusi yang cukup interaktif antara narasumber dan peserta.

Acara pelatihan Public speaking yang diadakan pada siang itu diakhiri dengan pemberian bingkisan dan kenang-kenangan berupa buku hasil karya ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan UNS yang berjudul “Tips dan Trik Favorit DWP UNS”, dimana nama narasumber Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum. tertera juga di buku tersebut. (Sofyan) 


Baca juga: Seminar Kewirausahaan Digital Sebagai Pemantik Munculnya Usahawan Milenial di Baturetno 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top