Prodi Ilmu Komunikasi Univet Bantara Selenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Skripsi Mahasiswa Untuk Diseminarkan Pada Semester VII

Print Friendly and PDF

 

Narasumber Dr. Dra. Nuryani Tri Rahayu,
M.Si, saat menyampaikan materi Menyusun Proposal Penelitian
Skripsi Komunikasi Kuantitatif.

Prodi Ilmu Komunikasi Univet Bantara Selenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Skripsi Mahasiswa Untuk Diseminarkan Pada Semester VII

Sukoharjo- majalahlarise.com Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas  Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Skripsi Mahasiswa Untuk Diseminarkan Pada
Semester VII. Bertempat di ruang 1-2 Gedung FISIP lantai 2. Rabu-Kamis (6-7/7/ 2022).

Ketua Program studi Ilmu Komunikasi,  Henny Sri Kusumawati, S.Sos, M.I.Kom menyampaikan penyelenggaraan workshop yang diikuti mahasiswa semester enam ini dilatar belakangi dari banyak mahasiswa setelah KKN tidak kembali ke kampus yang dapat menghambat proses penyusunan skripsi. Selain itu, membawa mind set mahasiswa mempersiapkan skripsi sejak awal dikarenakan di semester enam dan tujuh cukup padat beban tugas mahasiswa ada KKN dan magang.

"Pada semester tujuh sudah menanti seminar penelitian komunikasi yang nantinya diharapkan mendapatkan finalisasi proposal skripsi. Kadang kala di tengah proses perjalanan judul diganti lagi akhirnya memulai dari awal lagi yang mempengaruhi masa selesai studi," terangnya.

Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi Unisri Gelar Webinar Aktualisasi Komunikasi Persuasif pada Manajemen Reputasi

Pihaknya berharap melalui workshop ini bisa membantu mahasiswa fokus proses pengerjaan skripsi. "Kami ingin mahasiswa lulus tepat waktu dan meraih cumlaude sesuai target 50%," harapnya.

Di tempat yang sama, salah satu pemateri workshop,  Drs. Joko Suryono, M.Si mengatakan dalam workshop ini dirinya menerangkan target jangka pendek yang bisa ditempuh mahasiswa semester enam yaitu pengambilan data untuk skripsi saat mereka melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN).

"Lokasi KKN adalah tempat berbagai macam data antara lain data komunikasi antar pribadi,  komunikasi kelompok,  komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran di desa banyak UMKM bisa digali datanya. Ada juga hubungan komunikasi antara guru dan siswa, antara jurnalis dengan sumber berita," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberi bekal teknik pemilihan penulisan judul skripsi, rumusan masalah,  grand teori,  kajian teori,  interview gate, dan informan khususnya teknik pengumpulan data menggunakan wawancara.

"Jadi ada informan kunci,  informan utama,  informan tambahan," tuturnya.

Pada hari pertama peserta menerima materi Penyampaian Pembimbing Skripsi oleh Henny Sri K., M.I.Kom. Penyampaian Template Proposal
Penelitian Skripsi dan Laporan
Skripsi oleh Hariyanto, M.I.Kom,
Menyusun Proposal Penelitian
Skripsi Komunikasi Kuantitatif oleh Dr. Dra. Nuryani Tri Rahayu,
M.Si, Menyusun Laporan Penelitian
Skripsi Komunikasi Kuantitatif oleh Dr. Dra. Nuryani Tri Rahayu,
M.Si, Menyusun Kajian Teori dan
mendesain Kerangka Berpikir
menggunakan otomatisasi
referensi (Publish or Perish dan
Mendeley) oleh Drs. Joko Suryono, M.Si.

Pada hari kedua peserta menerima materi tentang Menyusun Laporan Penelitian Skripsi Komunikasi Kualitatif oleh Dr. Dra. Nuryani Tri Rahayu, M.Si, Presentasi proposal 1 oleh Dr. Dra. Betty Gama, M.Si, Presentasi proposal 2 oleh Dr. Dra. Nuryani Tri Rahayu, M.Si, Presentasi proposal 3 oleh Dr. Drs. Yoto Widodo, M.Si, Presentasi proposal 4 oleh Drs. Joko Suryono, M.Si. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top