SMPN 8 Surakarta Adakan Musyawarah Gugus Depan Gerakan Pramuka Tahun 2022

Print Friendly and PDF

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd saat menyapaikan sambutan sekaligus membuka acara musyawarah.

SMPN 8 Surakarta Adakan Musyawarah Gugus Depan Gerakan Pramuka Tahun 2022

Solo- majalahlarise.com -SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan musyawarah Gugus Depan Gerakan Pramuka dipimpin Triad Suparman, M.Pd pada hari  Jum’at tanggal 22 April 2022 di ruang Aula.

Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB untuk Upacara Pembukaan dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Sri Triwulan, S.Pd. dan sebagai pembawa acara adalah Hetty Dwi Agustin, S.Pd.

Tujuan diadakannya Musyawarah Gugus Depan ini Gerakan Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta ini adalah sebagai laporan pertanggungjawaban Ketua Gudep Masa Bakti 2020 – 2022 dibacakan oleh Ch. Endah Setyowati, S.Pd., Rencana Kerja Gudep 2022 – 2022, dan memilih Ketua Gugus Depan masa bakti 2022 - 2024. 

Untuk pemilihan Ketua yang disetujui oleh Ka Mabigus, Triad Suparman, M.Pd. adalah sebagai Ketua Pembina Gugus Depan Putra, Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd. dan sebagai Ketua Gugus Depan Putri, Christina Endah Setyowati, S.Pd.

Acara selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Ka. Mabigus Triad Suparman, M.Pd. sekaligus membuka Musyawarah Gugus Depan. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Kakwaran dari Kwarcab atau yang mewakili, Kakak-kakak Pembina, Bapak Ibu Perwakilan Komite Sekolah, serta adik-adik Dewan Penggalang yang telah hadir pada acara ini. 

Suasana pelaksanaan acara musyawarah gugus depan.

Baca juga: Pembagian Takjil ke-2 OSIS SMPN 2 Giritontro Sasar Santri TPQ di 3 Kecamatan Berjalan Lancar

Sebagai wahana pendidikan nonformal peran Pramuka tidak dapat dipandang sebelah mata, terutama pada pengembangan pola pikir, karakter dan tentunya eksplorasi bakat dapat ditemukan dan diasah di Gerakan Pramuka. Jika secara kompleks apa yang diharapkan dari tujuan gerakan Pramuka Indonesia tercapai, maka anak muda sebagai penerus bangsa akan memiliki keterampilan ekstra di luar pendidikan formal, lebih –lebih dalam hal penanaman keterampilan kepemimpinan atau leadership.

SMP Negeri 8 Surakarta sangat konsen terhadap perkembangan dan berkesinambungannya kegiatan kepramukaan, diantaranya dengan memperkuat lembaganya yakni Gugus Depan Pramuka 04.099 / 04.100 yang berpangkalan sekolah sebagai wadah untuk menghimpun anggota Pramuka dalam merumuskan dan menjalankan aktifitasnya.

Acara sidang Pleno I yang dipimpin oleh Rori Khoirudin, M.Pd., antara lain pemilihan Presidium Sidang, Pembacaan dan Pengesahan Susunan Acara dan Tata Tertib MUGUS 2022,  dilanjutkan dengan sidang Pleno II dengan laporan pertanggungjawaban dari masing-masing Pembina Gugus Depan. Kemudian sidang Pleno III yaitu sidang Tim Formatur, Pembahasan Program, Pembacaan dan Pengesahan hasil sidang tim Formatur, dan sidang Pleno IV Pembacaan hasil sidang Mugus 2020.

Program kegiatan yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya antara lain : Penerimaan Golongan Siaga ke Penggalang, latihan SKU Penggalang Ramu, Ujian SKU Penggalang Ramu, Latiha SKU Penggalang Rakit, Pelantikan Kenaikan Pangkat, Latihan SKK, Ujian SKK dan Latihan Tambahan. 

Untuk program selanjutnya yaitu musyawarah Gugus Depan, Gladian Pemimpin Regu, Menyiapkan Penggalang Garuda, Latihan Gabungan, Perkemahan Dekat (PERSAMI), Perkemahan jauh, Lomba Tingkat I dan II, Lomba memperingati HUT RI, Lomba antar Regu, Bakti Masyarakat, Refreshing dan Tanda Jejak, Evaluasi, dan Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Musyawarah Gugus Depan SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2022 ini dihadiri oleh  Ka. Kwarran Jebres, Suranto, S.Pd. Kwaran (Ka Harian), Suwardi. Kwaran Jebres, Winarsih Majelis Pembimbing dan Pimpinan / Pembina Gudep 0.4.099 / 04.100 SMP Negeri 8 Surakarta tahun 2022-2024, Jumiasih dan Sunarso (Perwakilan Orang Tua), Perwakilan Dewan Galang. 

Untuk acara terakhir acara musyawarah Gugus Depan yaitu upacara penutupan antara lain persiapan Pelantikan dan serah terima Jabatan. Dilanjutkan dengan sambutan Ka Mabigus sekaligus menutup Musyawarah Gugus Depan. Harapan dari Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. dengan Musyawarah Gugus Depan 04.099 / 04.100 Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta ini dapat menentukan arah kiblat kebijakan pengembangan kegiatan kepramukaan serta menyiapkan kepemimpinannya yang memiliki kapasitas dan integritas yang baik.

Acara diakhiri  menyanyikan Hymne Satya Dharma Pramuka, dan ditutup dengan  doa  pada pukul 15.45 WIB. (Sofyan)


Baca juga: Aritova dan Bella Dinobatkan Juara Umum Mas dan Mbak Univet Bantara 2022



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top