KKN Univet Bantara Adakan Pelatihan Barang Bekas Menjadi Barang Bernilai

Print Friendly and PDF

Susi Kurniawati mengajarkan membuat celengan dari barang bekas.


KKN Univet Bantara Adakan Pelatihan Barang Bekas Menjadi Barang Bernilai

Sragen- majalahlarise.com -Susi Kurniawati Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo atau biasa disebut Univet Bantara Sukoahrjo, mengajak anak usia SD desa Dayu Rt 27 Rw 08, Kelurahan Jurangjero, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen untuk mengurangi limbah plastik rumah tangga dengan membuat prakarya celengan berbentuk babi dari botol bekas.

Dimasa pandemic Covid-19, banyak anak-anak merasa bosan dengan kegiatan sehari-harinya yang terbatas. Kegiatan proker  KKN Univet Bantara kali ini mengusung Tema “Mahasiswa Jaga Lingkungan”. Kegiatan ini dilakukan mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Univet Bantara. 

"Saya memberikan sosialisasi kepada anak tentang pentingnya menjaga lingkungan serta mendidik anak-anak membuat prakarya celengan dari botol bekas. Saya mengajak anak-anak usia dini untuk menjaga lingkungan sejak dini dengan memanfaatkan limbah plastic dirumah untuk dijadikan prakarya seperti celengan yang unik berbentuk babi yang menarik bagi anak-anak," ujar Susi.

Program kegiatan yang dilakukan ini memiliki banyak tujuan, adapan tujuan utamanya yaitu menjaga lingkungan dari limbah plastik seperti botol plastik. Sedagkan tujuan yang lainnya yaitu mengisi waktu luang anak-anak dengan mengembangkan kreativitas serta membantu menghemat sejak dini, anak-anak merasa senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan kali ini.

Menurut Lutfi salah satu anak SD yang mengikuti kegiatan ini berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan menyenangkan. "Senang bisa membuat celengan sama teman-teman, bisa kumpul bareng dan punya celengan baru untuk menabung," ungkapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top