Suharno Dosen Unisri: Agar Tidak Menimbulkan Kegaduhan Pilihan Kata Dalam Komunikasi Publik Harus Tepat

Print Friendly and PDF

Penyerahan buku karya Suharno, Strategi Peningkatan Personal Branding dan City Branding kepada Kepala Dinas PMK, Samsul Bakri.

Suharno Dosen Unisri: Agar Tidak Menimbulkan Kegaduhan Pilihan Kata Dalam Komunikasi Publik Harus Tepat

Sleman- majalahlarise.com -Dalam pekan ini dunia medsos gaduh dan ribut akibat pernyataan kontroversi seorang menteri terkait penggunaan toa masjid. Hal tersebut sebenarnya tidak perlu terjadi apabila dalam penyampaian kebijakan menggunakan pilihan kata yang tepat.

"Menyampaikan pesan dalam komunikasi publik seyogyanya perlu dipersiapkan dan dirancang dengan baik. Tidak asal bicara. Perlu dikonsep lebih dulu," ungkap dosen prodi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Drs. Suharno, MM, Akuntan, saat menyampaikan materi Peningkatan Kapasitas SDM bagi pimpinan dan pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (PMK) Kabupaten Sleman di Resto Kemuning, Karanganyar, Sabtu (26/2/2021).

Selanjutnya dihadapan 42 peserta, Suharno, yang juga Direktur Amalia Consulting, berharap agar para peserta membekali diri dengan ketrampilan komunikasi efektif saat berinteraksi dengan rekan kerja maupun masyarakat pada umumnya.

"Komunikasi merupakan kata kunci dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) dalam pemberdayaan masyarakat. Namun sayang ketrampilan yang satu ini jarang dipelajari secara khusus. Sebagian malah beranggapan komunikasi merupakan bakat yang dibawa sejak lahir," tandasnya.

Peningkatan kapasitas SDM yang diselenggarakan Dinas PMK Sleman ini menggandeng Ardhana Event Organizer, dibuka Kepala Dinas PMK Kabupaten Sleman, Samsul Bakri, S.I.P, MM. Dalam sambutannya  berharap kepada peserta untuk mengikuti dengan serius namun tetap dalam suasana yang bahagia dan ceria.

"Selepas kegiatan ini, mari kita terapkan materi yang kita peroleh, agar etos kerja dan kekompakan kerja semakin meningkat. Kita bisa saling  bersinergi dan berkolaborasi lebih baik dalam melaksanakan tugas pemberdayaan dan melayani masyarakat," pesannya.

Peningkatan kapasitas SDM berlangsung antusias, interaktif dan komunikatif diakhiri dengan penyerahan buku karya Suharno, Strategi Peningkatan Personal Branding dan City Branding kepada Kepala Dinas PMK, Samsul Bakri. (Sofyan)


Baca juga: Partisipasi Mahasiswa KKN UNS 2022 Merintis Desa Wisata Edukasi Agroporang di Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top