Partisipasi Mahasiswa KKN UNS 2022 Merintis Desa Wisata Edukasi Agroporang di Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono

Print Friendly and PDF

Hasil Foto Instagramable di Desa Wisata Edukasi Agroporang Jatisari.

Partisipasi Mahasiswa KKN UNS 2022 Merintis Desa Wisata Edukasi Agroporang di Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono

Wonogiri- majalahlarise.com -Makmur Petanine, Maju Desane. Salam Porang!  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS periode Januari – Februari 2022 berpartisipasi dalam perintisan Desa Wisata Edukasi Agroporang di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Wisata Edukasi Agroporang ini akan menawarkan edukasi mengenai budidaya tanaman porang. Teguh Subroto, ialah pencetusnya. Beliau adalah seorang petani porang yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Jatisari di Kecamatan Jatisrono.  

Wisata Edukasi Agroporang ini akan menyediakan paket wisata edukasi untuk belajar budidaya porang, spot foto instagramable, menyediakan kuliner khas UMKM Desa Jatisari, outbound, dan saung untuk beristirahat. Teguh Subroto mengatakan bahwa ia ingin merintis Wisata Agroporang ini agar Desa Jatisari dapat dikenal masyarakat luas dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi warga setempat. 

“Cita-cita saya membuat agrowisata ini agar Desa Jatisari lebih banyak dikenal dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga warga sekitar dapat hidup sejahtera," ucap Teguh. 

Partisipasi Kelompok 131 KKN UNS 2022 untuk merintis Desa Wisata Edukasi Agroporang Jatisari meliputi kegiatan pembuatan photobooth atau tempat swafoto dengan view yang menarik. View yang ditawarkan di Desa Wisata Agroporang Jatisari adalah hamparan kebun porang seluas kurang lebih 1,5 ha. Selain itu, kelompok 131 mmenyediakan properti foto seperti pakaian setelan lurik. 

Partisipasi selanjutnya ialah pembuatan tempat cuci tangan. Penyediaan tempat cuci tangan di situasi pandemi Covid-19 sangat penting guna menunjang Protokol Kesehatan (Prokes). Juga pemasangan plang penunjuk jalan untuk memudahkan wisatawan datang ke lokasi Desa Wisata Edukasi Agroporang Jatisari. 



Promosi dengan media sosial Instagram juga dilakukan melalui akun @agroporangjatisari untuk menarik wisatawan datang lengkap dengan info mengenai Desa Wisata Edukasi Agroporang.  

Partisipasi yang terakhir adalah pemberian edukasi tanaman porang melalui pamphlet yang disebar di berbagai kantor Pemerintahan. 

Potensi porang yang sangat menjanjikan di masa yang akan datang dan antusias masyarakat akan pengembangan agrowisata dari segi penghasilan, membuat mahasiswa KKN UNS 2022 Kelompok 131 berpartisipasi atau menjadi bagian atas terlaksananya perintisan Wisata Edukasi Agroporang Desa Jatisari ini. 

“Karena potensi dari porang yang sangat menjanjikan kedepannya, masyarakat juga berantusias dalam pengembangan agrowisata selain sebagai sumber penghasilan, diharapkan agrowisata ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat," tutup Budi Santoso selaku Ketua Kelompok KKN UNS 131 2022. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top