Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Proker Rumah Cerdas Univet (RCU) Bimbingan Belajar dan Rumah Baca

Print Friendly and PDF

Anis Mufidah saat melaksanakan bimbingan belajar.

Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Proker Rumah Cerdas Univet (RCU) Bimbingan Belajar dan Rumah Baca 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Anis Mufidah mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan KKN selama 45 hari secara individu. Pada hari Rabu, 1 Februari 2022.  Ada beberapa program kerja yang dilaksanakan diantaranya Program Kerja Utama KKN yaitu RCU (Rumah Cerdas Univet) dengan kegiatan bimbingan belajar dan rumah baca.

Kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan seminggu dua kali dan belajar membaca seminggu satu kali berlokasi di desa Sidan Rt 01/ Rw 07, Klumprit, Mojolaban, Sukoharjo. Kegiatan mulai dilaksanakan pada hari Jum’at, 4 Februari 2022 pukul 16.00-17.00 WIB. 

Bimbingan belajar dan rumah baca ini diadakan sebagai program kerja utama KKN untuk membantu anak-anak TK-SD untuk meningkatkan semangat belajar yang tinggi di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring memunculkan sejumlah persoalan bagi para siswa dan orang tua. Banyak orang tua yang mengeluh akibat pandemi Covid-19 masalah yang dihadapi oleh orang tua sendiri yaitu tidak mampu membantu anak-anak sepenuhnya saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

“Yang sekolah anak tapi tugas yang mengerjakan orang tua, anak tidak tau apa-apa dan banyak tugas” ujar Dini sebagai orang tua. 

Untuk menghadapi masalah tersebut saya sebagai mahasiswa KKN mendirikan Rumah Cerdas Univet (RCU) bimbingan belajar dan rumah baca. Program kerja ini bertujuan untuk membantu anak-anak TK-SD yang mengalami kesulitan belajar dan meringankan masyarakat di sekitar yang mempunyai anak khususnya masih sekolah pada tingkat TK-SD. 

“Kegiatan ini sangat didukung oleh masyarakat sekitar dan banyak anak-anak berantusias mengikuti bimbingan belajar dan belajar membaca. Bimbingan belajar diadakan khusus anak-anak SD dan belajar membaca khusus anak-anak TK. Diharapkan kegiatan ini bisa membantu memperbaiki kualitas belajar anak di desa Sidan” kata Anis Mufidah. (Sofyan)


1 komentar:


Top