Mahasiswa KKN Univet Ikut Kegiatan Posyandu di Ngombol Sari

Print Friendly and PDF

Anggun Cinta Zahva Yashviina Rh saat ikut serta dalam pelayanan posyandu.

Mahasiswa KKN Univet Ikut Kegiatan Posyandu di Ngombol Sari

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo, Anggun Cinta Zahva Yashviina Rh dari Program Studi PPKn melaksanakan salah satu program kerja dengan mengikuti kegiatan Posyandu  di lingkungan desa Ngombol Sari, Mojolaban, Sukoharjo pada tanggal 14 Februari 2022.

Kegiatan KKN dibimbing langsung oleh bapak Galih Pranowo, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan Posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang di adakan di desa Ngombol Sari Sukoharjo yang berkaitan dengan kesehatan Ibu Hamil dan Anak.

"Program Posyandu ini kami laksanakan guna meningatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan ibu hamil dan bayi sejak lahir hingga anak umur 5 tahun. Kegiatan dilakukan untuk memberikan imunisasi lengkap terhadap bayi sehingga tumbuh kembang bayi dapat dipantau agar tidak terjadi gizi buruk hingga stunting pada anak," terang Anggun Cinta.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan data Studi Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) stunting di Indonesia mencapai angka 24,4 persen pada tahun 2021. Cara mencegah stunting ialah dengan memenuhi gizi sejak hamil, memberikan ASI eksklusif dan MPASI, serta rutin memantau tumbuh kembang anak. Cara tersebut dapat diperoleh dengan mengikuti posyandu secara rutin sejak ibu hamil hingga melahirkan sampai anak berumur 5 tahun. 

"Dalam kegiatan posyandu ibu hamil akan diberi penyuluhan mengenai pemenuhan gizi dan memantau tumbuh kembang anak dengan menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, memberikan  vitamin hingga Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada anak," tuturnya. 

Dengan andil dalam kegiatan posyandu ini menjadi bentuk nyata  nilai-nilai Pancasila yang ada pada sila kedua dan kelima, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia. Yang mana dengan adanya Posyandu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang merata. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top