Lomba Kompetensi Siswa SMK TKRO Tingkat Kabupaten 2022 Digelar di SMK Veteran 1 Sukoharjo

Print Friendly and PDF

 

Peserta LKS TKRO saat mengikuti lomba.

Lomba Kompetensi Siswa SMK TKRO Tingkat Kabupaten 2022 Digelar di SMK Veteran 1 Sukoharjo

Sukoharjo- majalahlarise.com -Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) diikuti 13 peserta dari SMK digelar di Teaching Factory SMK Veteran 1 Sukoharjo. Kamis (24/2/2022).

Ketua MKKS SMK Kabupaten Sukoharjo yang diwakili Bambang Sahana menyampaikan dalam proses seleksi LKS ini melibatkan dari dunia industri sebagai asesor atau juri. Harapannya mampu menghasilkan siswa betul-betul kompeten yang nantinya bisa mewakili kabupaten Sukoharjo di tingkat lebih tinggi provinsi maupun nasional.

"Skenario yang kami siapkan adalah ketika siswa sudah terseleksi akan kita adakan drilling melibatkan guru TKRO, pemagangan industri, dan pembinaan khusus pada industri terkait yang bisa menggembleng anak-anak kami untuk bisa menjadi perwakilan kabupaten Sukoharjo lebih baik," terangnya.

Peserta LKS TKRO saat mengikuti lomba.

Sementara itu, ketua panitia LKS TKRO, Sutrisno menjelaskan materi yang dilombakan yaitu engine tune up, brigde system, dan transmisi manual. Selain itu, pihaknya berharap LKS TKRO ini berjalan lancar dan bisa mengembangkan keterampilan siswa SMK di seluruh Indonesia seperti yang dicita-citakan oleh Kemendikbud yaitu menjadi tenaga kerja yang terampil siap kerja.

Di tempat yang sama, Kepala SMK Veteran 1 Sukoharjo, Malkan Maliya mengatakan sekolah yang dipimpinnya memberikan fasilitas peralatan dan tempat LKS TKRO. Hal ini sangat mendukung dan bermanfaat bagi publikasi sekolah yang memiliki bengkel teaching factory bekerjasama dengan Nasmoco Solo Baru nantinya bisa melayani masyarakat.

"Dalam hal ini membantu MKKS SMK kabupaten Sukoharjo untuk meningkatkan kompetensi siswa khususnya kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif," ujarnya.

Pihaknya berharap adanya lomba kompetensi siswa ini dapat mengetahui ketrampilan yang telah dimiliki siswa sesuai standar industri.

"Standar industri inilah yang nantinya akan menjadi target pencapaian pembelajaran kita. Secara praktik bagaimana kita bisa memberikan kompetensi sesuai standar industri," ungkapnya. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKN Univet Bimbing Belajar Anak Lewat RCU


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top