RCU Jadi Program Unggulan KKN Univet Bantara Periode II Tahun 2021/ 2022

Print Friendly and PDF

 

Pemateri Muh Husyain Rifai saat menjelaskan materi pada pembekalan KKN secara daring.

RCU Jadi Program Unggulan KKN Univet Bantara Periode II Tahun 2021/ 2022

Sukoharjo- majalahlarise.com -Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan intrakurikuler yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo di mata kuliah KKN. Selain itu merupakan bentuk dari salah satu pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Rektor 1 Univet Bantara Sukoharjo, Dr. Sri Hartati, M.P saat memberi motivasi sekaligus pengarahan kepada 378 mahasiswa KKN Periode II tahun 2021/ 2022 dalam kegiatan pembekalan KKN hari ke dua secara daring. Kamis (27/1/2022).

"Definisi istilah KKN yaitu kuliah itu menguji teori, aplikasi teori merupakan pendekatan ilmiah. Sedangkan kerja itu melaksanakan suatu program berbasis unjuk kerja. Sedangkan nyata itu berorientasi pada kondisi sesungguhnya terutama bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut diterangkan dalam KKN ini mahasiswa harus menguasai lingkup KKN yaitu perencanaan, penyusunan program kerja, pelaksanaan program, evaluasi berupa laporan, ada desiminasi yaitu menyebarkan kegiatan KKN ke masyarakat melalui youtube maupun berupa laporan yang mendukung kegiatan tersebut.

"Saya menekankan kepada mahasiswa KKN yang mayoritas mahasiswa FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dengan program utamanya RCU (Rumah Cerdas Univet) selain program trauma healing pada anak dan orang tua dimasa Covid-19, solusi dan alternatif membangun kembali mental dan psikis generasi emas di masa pandemi Covid-19, strategi dan inovasi model pembelajaran fun and smart, program kerja KKN, penulisan berita publikasi KKN, video kreatif, manajemen pelaporan KKN online," jelasnya.

Dalam penyampaian materi pembekalan, panitia KKN Muh Husyain Rifai menjelaskan yang dilakukan mahasiswa KKN 15 hari pertama diantaranya sowan kepada pimpinan atau kepala administrasi guna menyampaikan pemaparan hasil point 8 dan minta tanggapan pandangan pemimpin atau kepala administratif. Launching dan fokus pada program unggulan KKN bersama warga di lokasi KKN.

"Mahasiswa KKN mendokumentasikan foto, video, logbook atau catatan harian setiap kegiatan. Setiap selesai berkegiatan KKN melibatkan warga wajib melaporkan ke panitia KKN manajemen Pelaporan KKN Online Surve 123 melalui dowload aplikasi di HP android dilakukan minimal dua kali seminggu," ujarnya.

Ditambahkannya, mahasiswa juga wajib membuat rilis berita kegiatan KKN disertai foto terpublikasi ke media sosial yang diikuti banyak dan media pemberitaan online maupun cetak. (Sofyan)


Baca juga: SMAN 1 Manyaran Menggelar LDK Pengurus OSIS 2021/ 2022 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top