Siswa SMA Negeri 1 Manyaran Dibekali Jurnalistik Media Online Oleh Tim PKM Dosen FISIP Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

 

Kepala SMAN 1 Manyaran, Dra. Harmini, M.Si saat memberi sambutan pembukaan workshop jurnalistik media online.

Siswa SMA Negeri 1 Manyaran Dibekali Jurnalistik Media Online Oleh Tim PKM Dosen FISIP Univet Bantara Sukoharjo

Wonogiri- majalahlarise.com -Sebanyak 15 siswa SMA Negeri 1 Manyaran mendapat pembekalan ilmu jurnalistik media online oleh Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Dosen FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yaitu Drs. Joko Suryono, M.Si, Dra. Nuryani Tri Rahayu, M.Si, Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom, dan Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (jurnalis dan pengelola majalahlarise.com). Kegiatan workshop ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan selama dua hari, Rabu-Kamis (15-16/12/2021) di Aula SMAN 1 Manyaran.

Kepala SMAN Negeri 1 Manyaran, Dra. Harmini, M.Si dalam sambutan menyampaikan terimakasih kepada tim Dosen FISIP Univet berkenan menstranfer ilmu kepada siswa dan guru yang bermanfaat bagi SMA Negeri 1 Manyaran yaitu meningkatkan pamor, skill dan kreatifitas.

"Setelah memperoleh ilmu jurnalistik media online ini, tugas siswa mengangkat nama SMAN 1 Manyaran memberitakan potensi, prestasi dari bapak ibu guru dan siswa melalui media online atau media sosial. Sehingga banyak orang mengenal dan mengetahui SMAN 1 Manyaran," terangnya.

Dra. Nuryani Tri Rahayu, M.Si saat memaparkan materi dasar dasar jurnalistik online.


Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa bu Harmini ini berharap kepada peserta workshop menyimak, memahami, dan mempraktikkan materi yang telah diberikan oleh pemateri. Jika ada belum dipahami bisa ditanyakan.

"Hasil tugas menulis berita online dari pelatihan ini bisa di munculkan lewat web sekolah yang saat ini sudah ada pengelolannya. Sehingga mampu meningkatkan kualitas SMAN 1 Manyaran," harapnya.

Sementara itu, Dekan FISIP Univet Bantara, sekaligus ketua PKM Dosen FISIP mengatakan kegiatan ini sebagai wujud dari kesepakatan yang telah ditandatangani (MoU) antara FISIP Univet Bantara dengan SMA Negeri 1 Manyaran.

"Setelah MoU ada MoA atau action yang dilakukan. Sebelumnya kami telah memberikan pelatihan otomatisasi aplikasi mendeley, publis or perise dan penulisan artikel ilmiah bagi guru yang nantinya artikel ini diterbitkan di jurnal Univet Bantara Sukoharjo," ujarnya.

Dikatakan, kegiatan MoA selanjutnya kepada siswa SMAN 1 Manyaran dibidang jurnalistik berupa penulisan berita media online.

"Berharap mudah-mudahan ada output yaitu siswa benar-benar bisa menulis berita, punya media blog berupa tulisan dan gambar produk jurnalistik," harapnya.

Disampaikan pula, dalam kegiatan ini ada dinamika kelompok yang menjadi dewan redaksi atau organisasi pengelola media online untuk rapat redaksi, menentukan topik, mencari referensi, melakukan liputan, menulis berita, diedit, lalu di upload ke media online.

Selama workshop ini peserta menerima materi yaitu Dasar-dasar jurnalistik online oleh Dra. Nuryani Tri Rahayu, M.Si, Praktik Liputan/ Hunting Berita oleh Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom., Teknik Wawancara dan Dinamika Kelompok Dewan Redaksi, oleh Drs. Joko Suryono, M.Si, Teknik Menulis Berita di Media Online dan Pembuatan Blog oleh Sofyan Yuli Antonius, S.Sos. (Nur/Red)


Baca juga: Undang Wisatawan dengan Tembang “KULINER KARANGANYAR”


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top