Tim Monev KKN Univet Bantara Pastikan Proker Berjalan Lancar di Tengah Pandemi Covid-19

Print Friendly and PDF

Tampilan layar pelaksanaan monev KKN Univet Bantara Sukoharjo secara daring melalui aplikasi zoom.

Tim Monev KKN Univet Bantara Pastikan Proker Berjalan Lancar di Tengah Pandemi Covid-19

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim monitoring dan evaluasi (monev) 1 KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) yaitu Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum (Rektor Univet Bantara), Dr. Sodikin (Wakil Rektor 3), Purwanto, SE, MM (Dekan), Dr. Yoto Widodo, M.Si (Ketua Pelaksana KKN) dan Muh Husyain Rifai, S.Pd, M.Pd (Wakil Ketua Pelaksana KKN) melakukan monitoring kepada mahasiswa dari pukul 08.00-09.30 WIB secara online melalui aplikasi zoom. Sabtu (18/9/2021).

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani saat dikonfirmasi usai pelaksanaan monev menyampaikan monev dilakukan untuk mengetahui proses pelaksanaan KKN yang telah mahasiswa lakukan berjalan dengan lancar. Selain itu memastikan komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) sehingga mereka bisa melaporkan semua kegiatan yang dilaksanakan juga bisa mengkonsultasikan tentang program-program yang dilaksanakan maupun kendala dihadapi di lapangan yang bisa didiskusikan untuk mencari solusi bersama.

"Simpulan saya pada umumnya meskipun di era pandemi dan pembimbing secara online jika berkomunikasi dengan para mahasiswa dengan baik bisa memantau kinerja mereka di dalam KKN dan program sudah bisa berjalan," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, ada juga kendala yang dihadapi mahasiswa KKN salah satunya mahasiswa dari FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat) terkendala waktu yang kebetulan mereka sudah bekerja namun bisa teratasi karena KKN dilaksanakan di tempat tinggalnya.

Baca juga: Enam Mahasiswa Unisri Perkuat Kontingen Jawa Tengah Di PON Papua

"Ada proker yang menarik berkaitan dengan masa pandemi pada umumnya mayoritas mahasiswa fokus sosialisasi berkaitan dengan protokol kesehatan juga tentang vaksinasi. Kenyataannya masyarakat kita masih banyak belum paham pentingnya vaksinasi sehingga merasa takut. Maka ada mahasiswa KKN sosialisasikan dan edukasi kepada masyarakat tentang vaksinasi," katanya.

Disampaikan pula, program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dipublikasikan melalui media agar edukasi dan sosialisasi berkaitan dengan mengatasi pandemi Covid-19 tersampaikan tidak hanya di masyarakat di tempat KKN tetapi bisa menjangkau masyarakat Indonesia.

"KKN ini mampu memberikan kontribusi yang baik dan positif terhadap masyarakat setempat maupun masyarakat Indonesia utamanya program-program yang berkaitan menghadapi Covid-19 melalui sosialisasi pentingnya vaksin, bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar, bagaimana memilih dan menggunakan masker," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana KKN Univet Bantara, Dr. Yoto Widodo menerangkan monev dilaksanakan tiga sesi dan tiga tim monev. Tim pertama pukul 08.00-09.30 WIB, tim kedua pukul 10.00-11.30 WIB dan tim ketiga pukul 12.30-14.00 WIB. 

"Monev dilaksanakan biasanya minimal 50% pelaksanaan program KKN berjalan. Ini kemungkinan sudah 75-80% program kerja mahasiswa dilaksanakan karena berakhir pada tanggal 30 September 2021," ungkapnya.

Dikatakannya, dari beberapa mahasiswa yang di evaluasi program kerjanya kegiatan cukup menarik terkait dengan peduli Covid-19 berupa sosialisasi menyadarkan masyarakat supaya tetap melaksanakan protokol kesehatan dan juga melaksanakan diluar selain itu.

"Seperti mahasiswa dari FKM yang membuat handsanitizer dari bahan alami tidak menggunakan alkohol dengan inovasi bahannya ditambah jeruk karena bahannya mudah didapatkan di desa," tuturnya.

Disampaikan pula, walau mahasiswa KKN bukan dari FKIP ada yang membuat rumah cerdas bahkan ada yang ikut program medeka belajar sambil mengikuti belajar juga mengikuti KKN.

"Harapan kami berbagai kegiatan KKN terutama kegiatan unggulan bisa dipublikasikan di media dalam bentuk artikel minimal ke dua media sekaligus sebagai sosialisasikan lembaga Univet Bantara kepada masyarakat tentang berbagai kegiatan positif. Sehingga masyarakat semakin mengerti dan mengenal. Harapannya Univet semakin banyak mahasiswanya dan ada output lebih berkualitas," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Rektor Apresiasi Prestasi Kepada Lima Tim Mahasiswa FSRD ISI Surakarta Lolos Final LIDM 2021



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top