KKN Univet 2021, Cegah Covid-19 dengan Menjaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Print Friendly and PDF

Widyaningsih saat melakukan pembagian minuman herbal serta menyebarkan informasi berupa selebaran mengenai manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada minuman herbal.

KKN Univet 2021, Cegah Covid-19 dengan Menjaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Hingga saat ini Covid-19 belum usai sehingga menyebabkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo tahun 2021 dilaksanakan secara mandiri di desa sendiri atau di sekitar tempat tinggal mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Tema kegiatan KKN ini adalah Mahasiswa Jaga Lingkungan “MAS JALI”. 

Pada masa pandemi Covid-19 sangat penting untuk memastikan kebutuhan nutrisi guna menjaga kekebalan tubuh (imunitas) manusia. Pemenuhan nutrisi erat kaitannya dengan imun tubuh, sebab gizi merupakan salah satu determinan penting respons imunitas.

Empon-empon saat ini sedang ramai diburu warga karena memiliki banyak kandungan gizi yang mendukung sistem metabolisme dan regenerasi sel yang kompleks pada organ tubuh. Tingginya antioksidan pada empon-empon dapat membantu dalam menangkal radikal bebas. Radikat bebas ini bisa menyebabkan turunnya imunitas pada tubuh. Antiperadangan, antibakteri, dan antivirus yang terkandung dalam empon-empon juga akan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Melihat banyaknya kandungan gizi pada empon-empon, Widyaningsih salah satu mahasiswi peserta KKN mandiri 2021 Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melakukan pembagian minuman herbal serta menyebarkan informasi berupa selebaran mengenai manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada minuman herbal tersebut. Pembagian minuman herbal ini dilakukan di dukuh Losari Rt 03 Rw 03, Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Minuman herbal dibuat dengan bahan dasar jahe, serai, temulawak, kunyit, dan gula aren. 

Mahasiswi KKN Univet Bantara melakukan kegiatan pencegahan Covid-19 dengan membagikan minuman herbal kepada masyarakat sekitar Jumat (27/8/21). 

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat tetap menjaga imunitas tubuh serta lebih peka terhadap kesehatan guna mencegah terinfeksi virus Covid-19 yang hingga saat ini belum usai. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top