Prodi Pendidikan Geografi Univet Menggelar Webinar Nasional Literasi Bencana Alam Untuk Mendorong Terciptanya Budaya Keselamatan di Masyarakat

Print Friendly and PDF

 

Panitia dari Prodi Pendidikan Geografi saat mengikuti Webinar.

Prodi Pendidikan Geografi Univet Menggelar Webinar Nasional Literasi Bencana Alam Untuk Mendorong Terciptanya Budaya Keselamatan di Masyarakat

Sukoharjo- majalahlarise.com -Prodi Pendidikan Geografi FKIP (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, menggelar Webinar Nasional Literasi Bencana Alam Untuk Mendorong Terciptanya Budaya Keselamatan di Masyarakat. Kamis (26/8/2021).

Kegiatan secara daring ini menghadirkan pembicara, Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc (Ketua Umum Ikatan Geograf Indonesia), Dr. Yulian Fauzi, M.Si (Peneliti Gempa dan Tsunami Universitas Bengkulu), Dr. Agung Hidayat, M.Sc (Peneliti Gunungapi Pengurus Ikatan Geograf Indonesia) dengan Moderator Ary Wijayanti, S.Pd, M.Pd (Dosen Pendidikan Geografi) dan MC, Febbiana Dewi (Mahasiswa Berprestasi Univet Bantara).

Ketua panitia sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Geografi, Pranichayudha Rohsulina, S.Pd., M.Pd saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan tema yang diangkat dalam webinar nasional ini merupakan tema kekinian yang sangat diperlukan oleh masyarakat berada di daerah rawan bencana. Terlebih negara Indonesia berada di daerah cincin api atau banyak gunung berapi yang menyebabkan adanya bencana seperti tanah longsor, gempa, gunung meletus, angin topan dan lainnya.

Tampilan layar Webinar Nasional Literasi Bencana Alam Untuk Mendorong Terciptanya Budaya Keselamatan di Masyarakat. 

Baca juga: Pembuatan Alat Hand Sanitizer dan Penerapan Alat Hand Sanitizer Bersama Pemuda Desa di Masjid Al- Jariyah Jerengan 

"Literasi bencana alam penting bagi masyarakat yang saat ini minim pemahaman kebencanaan dan kesiapsiagaan. Bagaimana mitigasi bencana jika terjadi bencana agar masyarakat selamat," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, peserta yang ikut dalam webinar nasional ini dari berbagai daerah di Indonesia seperti Palu, Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan.

"Mahasiswa Pendidikan Geografi juga wajib ikut webinar ini. Pesertanya cukup banyak. Harapan adanya webinar ini tentunya ilmunya dapat bermanfaat. Selain itu sebagai sarana publikasi Prodi Pendidikan Geografi kepada masyarakat luas," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: GURU JADUL Vs GURU MILENIAL


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top