Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat Berikan Sembako Pada Masyarakat Terdampak PPKM

Print Friendly and PDF

Penyerahan sembako kepada masyarakat terdampak PPKM

Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat Berikan Sembako Pada Masyarakat Terdampak PPKM

Solo- majalahlarise.com -Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Surakarta berdampak langsung terhadap kerentanan ekonomi warga masyarakat. Hal tersebut berimbas pada penurunan daya beli masyarakat untuk memenuhi barang kebutuhan pokok (sembako). 

Untuk meringankan beban masyarakat terdampak kebijakan PPKM, Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat yang berpusat di Masjid Kottabarat Surakarta kembali mengadakan program mengumpulkan donasi dan berbagi paket sembako, Senin (9/8/2021). 

Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat Surakarta membagikan 350 paket sembako kepada masyarakat terdampak kebijakan PPKM di sejumlah titik di area Kottabarat, Joho, Sumber, dan Banyuanyar.

Muhamad Arifin, selaku humas Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat menyampaikan bahwa kegiatan ini memasuki tahap ke empat selama pandemi Covid-19 berlangsung.


Baca juga: KKNT Unisri Beri Edukasi Warga Tentang Pemanfaatan Lahan Pekarangan 

“Alhamdulillah, pada tahap ke empat ini Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat menyalurkan 350 paket sembako untuk warga terdampak kebijakan PPKM di sekitar Masjid Kottabarat dan Masjid Mu'tasimbillah di area Sumber serta Banyuanyar," ungkapnya.

Menurut Arifin, setiap paket sembako seharga Rp.100.000,00 berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula1 kg, teh celup 1 pak, dan mie telur 1 pak.

Arifin menambahkan bahwa data penerima paket sembako bersumber dari RT dan RW setempat. Area Masjid Kottabarat tepatnya di Badran RW 10 ada 38 paket, area Yosoroto RW 09 sejumlah 63 paket, jamaah masjid 18 paket, di Kalitan belakang SD Mangkubumen Kidul No. 16 terdapat 40 paket, area sebelah timur Lapangan Kottabarat ada 9 paket, warga sekitar KB-TK Aisiyah Program Khusus ada 51 paket. Area sekitar Masjid Mu'tasimbillah, sekitar SMP dan SMA Muhammadiyah Program Khusus, daerah Sumber dan Banyuanyar terdapat 131 paket. 

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Takmir Masjid Kottabarat dengan Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat dan melibatkan keluarga besar Perguruan Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta.

Proses penggalangan donasi tahap ke empat efektif berjalan selama satu minggu dan terkumpul 42,5 juta rupiah. Pada tahap ke empat ini sudah disalurkan dalam bentuk paket sembako sejumlah Rp 35.000.000,00 sedangkan sisanya akan dibelanjakan untuk tahap berikutnya.

Mewakili pengurus Takmir Masjid Kottabarat dan Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat, Arifin mengimbau kepada masyarakat untuk saling membantu sesama dengan berdonasi di Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat yang beralamatkan di Jalan Dr. Moewardi No 24 Purwosari, Laweyan, Surakarta. Atau bisa transfer melalui nomor rekening Bank Jateng Syariah 5022090157 a.n. Baitul Maal Muh. Kottabarat.

“Semoga ke depan Masjid Kottabarat semakin bermanfaat untuk umat, berupaya turut meringankan beban masyarakat ekonomi menengah ke bawah, para duafa yang terdampak langsung pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Sofyan)


Baca juga: KKNT Unisri 2021 Beri Bansos di Dusun Terpencil Tengah Hutan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top