“NUNGGAK SEMI” Pameran Kriya Virtual Purna tugas Dr. Karju, M.Pd. dan Drs. Sulistyo Joko Suryono, M.Sn

Print Friendly and PDF

Pameran Kriya Virtual Purna tugas Dr. Karju, M.Pd. dan Drs. Sulistyo Joko Suryono, M.Sn.

“NUNGGAK SEMI” Pameran Kriya Virtual Purna tugas Dr. Karju, M.Pd. dan Drs. Sulistyo Joko Suryono, M.Sn

Solo- majalahlarise.com -“Nunggak Semi” dalam konsepsi kebudayaan Jawa adalah proses gumanti atau lahir dan berkembangnya kebudayaan tanpa meninggalkan akar kebudayaan itu sendiri. Purna tugas adalah siklus lumrah yang didalamnya terdapat proses regenerasi. 

Semangat dan dedikasi yang kuat oleh pendahulu akan menjadi panutan bagi generasi berikutnya. Seperti halnya konsep nunggak semi, nunggak berasal dari kata tunggak yang artinya adalah batang pohon yang telah ditebang. Biasanya dari bekas batang pohon yang ditebang akan muncul tunas baru yang disebut dengan istilah semi. Harapannya tunas-tunas tersebut semakin tumbuh dan berkembang di atas pijakan akar yang kuat yang telah ditorehkan oleh pendahulunya. 

Uraian di atas menjadi motivasi tersendiri dan muncul melatarbelakangi bergabungnya tiga puluhan kriyawan, terdiri dari dosen aktif, dosen telah purna tugas, dan PLP dari Jurusan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta, menggelar karya secara virtual di pertengahan tahun 2021 ini.


Baca juga: Perdalam Ilmu Komunikasi Bisnis, Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Kunjungi PT Agrikencana Perkasa

Karya yang ditampilkan mewakili tiga prodi yang ada yaitu Prodi Kriya, Prodi Desain Mode Batik, serta Prodi Senjata Tradisional Keris. Berbagai media garap akan ditampilkan yaitu mulai dari logam, kayu, kain, serat, kaca, kulit, keramik, batu, dan materi lainnya. Total karya yang dipamerkan berjumlah 50an karya kriya. 

Pameran dikuratori oleh Dr. Bagus Indrayana, M.Sn., dimana gelar karya akan berlangsung dari tanggal 11-17 Juni 2021, tujuan dari pameran ini sebagai ajang mengasah kemampuan dan kreativitas kriyawan sekaligus ajang apresiasi masyarakat terhadap karya-karya seni kriya. Secara khusus, pameran ini merupakan wujud penghargaan purna tugas Dr. Karju, M.Pd. dan Drs. Sulistyo Joko Suryono, M.Sn. atas pengabdian dan dedikasinya selama kurang lebih 30an tahun pada dunia seni kriya. (Sofyan)


Baca juga: Prodi PBSI FKIP Univet Selenggarakan Seminar Nasional dan Call For Paper


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top