FE Univet Raih Juara 1 Nasional Kompetisi Bisnis Plan SCAS 2020 IPB Bogor

Print Friendly and PDF

PAY'S snack pepaya karya mahasiswa Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo.

FE Univet Raih Juara 1 Nasional Kompetisi Bisnis Plan SCAS 2020 IPB Bogor

Sukoharjo- majalahlarise.com -Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara Sukoharjo) berhasil meraih juara 1 tingkat Nasional Kompetisi Bisnis Plan SCAS (Seminar & Competition Of Animal Science) 2020. Acara pengumuman pemenang kompetisi diselenggarakan secara daring bertempat di Gedung Aula Kampus Universitas IPB Bogor. Minggu  (27/9/2020).

Acara kompetisi terbagi menjadi dua kategori yaitu Kompetisi LKTI (lomba karya tulis ilmiah) dan BPC (Bussines Plan Competition) kompetisi dilakukan secara daring sejak tanggal 20 Mei 2020, diikuti lebih dari 100 tim dari berbagai universitas negeri maupun swasta, seperti UGM, ITB, Undip, Unibraw, UNY, IPB, Universitas Andalas, Unhas, dan sebagainya.

Kaprodi FE Univet, Salman Faris Insani SE, MM mengatakan Fakultas Ekonomi mengirim satu tim bernama Solid Team yang terdiri dua mahasiswi semester 3 angkatan 2019 yaitu Westri Maharani dan Rista Emmy Azizah. Produk The Solid Team berupa olahan pepaya yang dijadikan snack keripik dengan 2 varian (rasa coklat & rasa keju).


Baca juga: Kantongi Sederet Prestasi dan Bebas Biaya Pendidikan, Rizal Efendi Jadi Wisudawan Terbaik STIE Perbanas Surabaya Periode I Tahun 2020

"Segala bentuk kegiatan mahasiswa yang bersifat kompetisi memang sudah biasa di Fakultas Ekonomi dan menjadi budaya. Kita melatih mahasiswa untuk bermental juara, melakukan kegiatan yang produktif demi nama baik bangsa," terangnya.

Mahasiswa pemenang lomba Westri Maharani dan Rista Emmy Azizah bercerita ide utamanya produk yang dibuat adalah bagaimana meningkatkan nilai ekonomis buah pepaya. Karena pepaya di desanya hanya dipakai pakan ternak bahkan dibiarkan membusuk. Untuk itu dibuat olahan snack keripik dirasa tepat dengan target market anak-anak, wisatawan lokal, pecinta makanan sehat. 

"Snack sangat disukai berupa snack yang sehat dengan bahan dasar pepaya lebih aman bagi tubuh dan baik untuk pencernaan. Sekaligus ingin dikenal sebagai oleh-oleh khas Wonogiri," katanya.

Baca juga: Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Univet Bantara Gelar Webinar Diskusi Ilmiah Probiotik Pakan Ternak Bersama Praktisi

Terkait kompetisi, disampaikan pula babak final dilakukan via zoom dengan tanya jawab dari dewan juri. Persaingan cukup berat karena bersaing dengan universitas ternama se-Indonesia. 

"Judul bisnis plannya PAY'S snack pepaya. Pengumuman juara siang tadi via zoom meeting. Dibabak penyisihan barsaing dengan 100 tim, hingga babak grand final bersaing dgn 10 tim terbaik. Kami bersyukur bisa menang juara I," ungkapnya.

Hadiah yang diterima Solid Team Fakultas Ekonomi Univet Bantara berupa E-sertifikat, uang tunai 2 juta, trophy juara 1. Hadiah diberikan oleh Rektor IPB diwakili oleh panitia acara SCAS IPB 2020.

Baca juga: Joko Pudyanto Terpilih Pimpin PGRI Cabang Giritontro Periode XXII Tahun 2019-2024

Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Sri Wahyu Agustiningsih, SE, M.Si memberi apresiasi yang tinggi atas keberhasilan mahasiswa Fakultas Ekonomi meraih juara 1 kompetisi tingkat Nasional ini. 

"Rangking berapa pun tidak menjadi masalah yang penting kita melatih mental mahasiswa untuk berkompetisi dan menjadi SDM yang pantang menyerah, harus optimis dalam berkarya memberikan manfaat bagi masyarakat," harapnya. (Sofyan)



1 komentar:

  1. Alhamdulillah, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, kami akan menindaklanjuti produk pays papaya chips hingga izin produksinya turun.

    BalasHapus


Top