Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Ikuti Workshop Penulisan Skripsi Menggunakan AI (Artificial Intelligence)

Print Friendly and PDF

Pemateri Dr. Joko Suryono saat menjelaskan penggunaan software berbasis AI (Artificial Intelligence) dalam penulisan skripsi.


Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Ikuti Workshop Penulisan Skripsi Menggunakan AI (Artificial Intelligence)

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa semester 6 dan 8 Program Studi Ilmu Komunikasi beserta Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengikuti Workshop Penulisan Skripsi Menggunakan AI (Artificial Intelligence). Kegiatan sehari ini menghadirkan pemateri Dr. Joko Suryono, M.Si (Dosen Ilmu Komunikasi Univet Bantara Sukoharjo) dan Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom (Dosen Ilmu Komunikasi Univet Bantara Sukoharjo) Bertempat di ruang Gedung D lantai 2 FISH. Kamis (6/6/2024).

Dekan FISH Univet Bantara Sukoharjo, Dr. Yoto Widodo saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan workshop penulisan skripsi menggunakan AI merupakan hal yang bagus dan baru pertama kali diselenggarakan. Hadirnya workshop ini untuk menularkan ilmu yang diperoleh dari salah satu Dosen yakni Dr. Joko Suryono yang mengikuti workshop sejenis di Malang belum lama ini kepada mahasiswa dan Dosen FISH Univet Bantara.

"Kemajuan teknologi memang harus kita ikuti termasuk hadirnya dan penggunaan AI yang saat ini sudah merambah dalam kehidupan diberbagai bidang kesehatan, ekonomi, ketahanan pangan, dan teknologi seperti save driver atau mobil berjalan sendiri," ungkapnya.

Baca juga: Teliti Kinerja Dosen di Lingkungan LLDIKTI VI Jawa Tengah, Dosen Unisri Surakarta Sunarso Raih Gelar Doktor

Lebih lanjut dikatakan Dr. Yoto Widodo, terkait bidang pendidikan khususnya mahasiswa penggunaan AI diterapkan dalam penulisan karya ilmiah khususnya penulisan skripsi. 

"Dengan menggunakan AI ini mahasiswa diberi kemudahan untuk mencari sumber-sumber teori juga melihat apakah tulisan dari mahasiswa tersebut sesuatu yang baru atau melihat apakah tulisan-tulisan tidak sama dengan skripsi khususnya yang telah ada selama ini," terangnya.

Dr. Yoto Widodo berharap dengan AI ini akan mempermudah mahasiswa dan meningkatkan kualitas dari tulisan-tulisan mahasiswa di Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Sementara itu, salah satu pemateri Workshop Dr. Joko Suryono, M.Si mengatakan kegiatan penulisan skripsi menggunakan AI ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa lulus tepat waktu seperti amanat perundang-undangan Dikti. Workshop ini salah satu strategi, teknik dan taktiknya.

"Dalam workshop ini peserta diajarkan penggunaan software yang terkait penyelesaian tugas penulisan ilmiah yaitu software Mendeley dan Publish or Perish untuk menyusun daftar referensi pustaka otomatis, software AI Chat GPT, software AI Tipeset.io, software Quillbot," jelasnya.

Dipaparkan pula, penggunaan software AI Tipeset.io bisa digunakan untuk menemukan sebuah kebaharuan dalam penelitian dan mencari kajian kajian teori di pembahasan. Sedangkan software Quillbot digunakan untuk pharaprase agar tidak tercipta kesamaan laporan hasil penelitian dari mahasiswa.

"Quillbot ini sangat baik untuk pharaprase yang sebelumnya susunan kalimat di Tipeset belum SPO akan dibantu oleh Quillbot menjadi subyek predikat obyek. Setelah di pharaprase oleh Quillbot ada similiriti masih 20 persen itu kreativitas mahasiswa secara obyektif mempharafrase kalimat dengan cara mencari sinonim kata misalnya kata berjalan diganti kata melangkah bisa juga merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif," paparnya. (Sofyan)

Baca juga: 9 Dosen Univet Bantara Sukoharjo Menerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024 dari Kemendikbud, Riset dan Teknologi Republik Indonesia


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top