Praktikum Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Produksi Acara Talkshow Televisi

Print Friendly and PDF

Proses produksi acara talkshow televisi dari kelompok 5 mahasiswa semester 6 Prodi Ilmu Komunikasi dengan menghadirkan narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos.


Praktikum Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Produksi Acara Talkshow Televisi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Salah satu kelompok Mahasiswa semester 6 Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) nampak aktif mengerjakan tugas praktikum mata kuliah Produksi Siaran Televisi berupa talkshow dengan menghadirkan narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Wirausahawan Bidang Komunikasi Mandiri) dipandu host acara Hanifa Anitasari mengangkat tema: Melihat Jejak Profesi Mandiri Bidang komunikasi (Jurnalis, Penyiar Radio, Dosen atau Pengajar Tentang Dunia Jurnalistik dan Siaran Radio). Bertempat di Ruang Studio atau Laboratorium Multimedia. Rabu (22/5/2024).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 5 ini terdiri Putri Anggoro Wati sebagai Director sedangkan Kameramen oleh Zulfa Qurrota 'Ayun, Aprina Intan Pratiwi secara aktif mengatur jalannya acara talk show dari awal hingga akhir. 

Dosen mata kuliah Produksi Siaran Televisi, Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom saat dikonfirmasi menyampaikan adanya penugasan produksi acara talkshow kepada mahasiswa ilmu komunikasi bertujuan untuk memberikan pengalaman kuliah praktikum mendesain dan memproduksi salah satu acara siaran untuk televisi. 

"Mahasiswa yang diberikan tugas adalah semester VI kelas VI-A dan VI-B. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 5-6 mahasiswa. Dari 2 kelas kurang lebih ada 10 kelompok," terangnya. 

Kelompok 5 mahasiswa semester 6 Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara saat foto bersama narasumber Sofyan Yuli Antonius usai produksi acara talkshow televisi.

Baca juga: Kolaborasi Kementerian Luar Negeri BEM Tiga Kampus Lewat Studi Banding Antar Anggota BEM

Lebih lanjut dikatakan, penugasan ini untuk memenuhi salah satu tugas karya video mahasiswa secara kelompok pada mata kuliah produksi siaran televisi yang nanti hasilnya akan diambil untuk penilaiannya sebagai ujian tengah semester (UTS) genap 2023/ 2024. 

"Output karyanya untuk di upload di youtube channel Univet TV dan dishare pada media sosial masing-masing seperti Facebook dan IG TV. Outcome atau harapannya untuk membantu promosi penerimaan mahasiswa di prodi Ilmu Komunikasi," terangnya.

Sementara itu dalam talkshow, narasumber Sofyan Yuli Antonius menceritakan awal mula karier sebagai jurnalis dan penyiar radio, sampai akhirnya memiliki label sendiri. 

"Ketertarikan menjadi penyiar radio karena sering mendengar radio dan berpikir kerja jadi penyiar radio itu enak hanya ngomong dibayar. Untuk mewujudkan keinginan jadi penyiar radio ikut kursus penyiar radio selama 6 bulan di LPK In Made Solo tahun 2003. Pada bulan ke lima ada magang di stasiun radio, saya magang di Radio Swara Graha. Selesai magang ada lowongan penyiar radio di Radio Swara Graha lalu saya ikut seleksi hanya dibutuhkan 2 penyiar dan diterima jadi penyiar radio," kenangnya.

Terkait terjun ke bidang jurnalis, Sofyan begitu sapaannya mengatakan pada tahun 2004 selain sebagai penyiar radio ada tugas tambahan sebagai reporter radio meliput acara music tour di berbagai kota. Untuk menambah ilmu jurnalistik masuk kuliah di prodi Ilmu Komunikasi Univet Bantara.

"Pada akhir semester ada magang di salah satu majalah pendidikan di Solo. Saya ikut magang di majalah dan aktif sebagai jurnalis hingga sekarang. Pada tahun 2013 saya mengelola majalah Larise dan tahun 2016 sampai sekarang di majalahlarise.com," paparnya.

Sebelum akhir acara talkshow, pria yang juga Dosen praktisi di Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Sukoharjo memberikan motivasi dan pesan kepada mahasiswa agar terus berlatih mengembangkan bakat yang dimilikinya terutama dalam bidang komunikasi. 

"Teruslah berlatih sampai kapanpun. Insyaallah ketrampilan yang dimiliki akan berguna nantinya bagi diri sendiri maupun bermanfaat bagi orang lain. Kata-kata motivasi saya yaitu perjelas visimu, fokus pada tujuanmu dan sempurnakan prosesmu hingga hasilkan karya berkualitas dan bermanfaat," ungkapnya. (Yuan)

Baca juga: MIM Pandeyan Al Akbar Gelar Qur'anic Camp di Bumi Perkemahan Al Amin



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top