Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 Univet Bantara Laksanakan Pengabdian Proyek Kepemimpinan Pemanfaatan Sampah Menjadi Ecobrick dalam Mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN Pengkol I

Print Friendly and PDF

Mahasiswa PPG Prajabatan Univet Bantara saat memberikan edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada peserta didik SDN Pengkol I.


Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 Univet Bantara Laksanakan Pengabdian Proyek Kepemimpinan Pemanfaatan Sampah Menjadi Ecobrick dalam Mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN Pengkol I 


Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa PPG Prajabatan gelombang I tahun 2023 Universitas Veteran Bangun Nusantara melakukan pengabdian masyarakat dalam memenuhi mata Kuliah Proyek Kepemimpinan di SDN Pengkol I Sukoharjo dengan dosen pembimbing Dwi Anggraeni Siwi.,M.Pd. Mereka telah melaksanakan sebuah program edukasi untuk peserta didik dalam kegiatan pemanfaatan sampah menjadi ecobrick atau mengelola sampah menjadi barang-barang yang bermanfaat. 

Dosen pembimbing PPG Univet Bantara Dwi Anggraeni Siwi, M.Pd. menyampaikan mahasiswa juga memberikan edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada peserta didik SDN Pengkol I, hal ini dilakukan dengan berbagai latar belakang yang diantaranya adalah untuk memenuhi mata kuliah proyek kepemimpinan dari salah satu mata kuliah yang terdapat di PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara.

"Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara ingin memberikan contoh edukasi kepada peserta didik tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang sering kali diabaikan, dan juga untuk sering kita dapati di lapangan belum maksimalnya pemanfaatan sampah sehingga Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara berupaya memberikan edukasi tentang pemanfaatan sampah menjadi ecobrick," terangnya.

Mahasiswa PPG Prajabatan Univet Bantara saat foto bersama dengan siswa SDN Pengkol I usai pembuatan ecobrick.


Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa bu SIWI ini berharap kedepannya bisa menjadi contoh Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara untuk selalu melakukan kegiatan edukasi yang bermanfaat kepada masyarakat umum.

Kegiatan pemanfaatan sampah menjadi ecobrick dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat dibagi menjadi dua tahapan, Tahapan pertama Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara melakukan sosialisasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat yang di dalamnya mengedukasi peserta didik dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membersihkan lingkungan sekitar, membersihkan kamar mandi, membuang sampah pada tempatnya, serta memanfaatkan sampah menjadi ecobrick.

"Hal ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik untuk berperilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Selanjutnya, tahapan kedua yang Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara lakukan adalah melakukan edukasi pembuatan sampah menjadi ecobrick yang diselenggarakan tanggal 4 Mei 2024 yang menjadi puncak dalam kegiatan pada poyek kepemimpinan yang Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara di SDN Pengkol I.

Ecobrick karya siswa SDN Pengkol I bimbingan Mahasiswa PPG Prajabatan Univet Bantara Sukoharjo.


Kepala Sekolah SDN Pengkol I, Agus Sri Antana, S.Pd, M.Pd. setelah kegiatan pemanfaatan sampah menjadi ecobrick dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat terlaksana mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan luar biasa. "Teruskan berkarya dengan bahan yang tidak terpakai sebagai produk unggulan yang bermanfaat bagi masyarakat tatkala lingkungan membutuhkan inovasimu untuk membangun negeri," ucapnya.

Selain itu, Peserta didik sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan pemanfaatan sampah menjadi ecobrick  yang telah Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara berikan. Seperti yang diutarakan oleh peserta didik kelas 5 bernama Bintang Yopandi merasa bahagia dan senang serta mendapat ilmu baru yang bermanfaat ungkapnya setelah kegiatan ini terlaksana.

Sementara itu, Herlina Dwi Puspitaningrum selaku Koordinator kelompok Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara menyampaikan hasil dari Proyek Kepemimpinan dengan Pemanfaatan Sampah Menjadi Ecobrick dalam Mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN Pengkol I, semoga menjadi contoh yang baik dalam mengedukasi masyarakat umum. 

"Sekian yang dapat kami Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara sampaikan. Kami Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara meminta maaf apabila ada pihak-pihak yang tersinggung ketika kami melaksanakan kegiatan tersebut. Atas pengertian dan dukungan dari segala pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan Pemanfaatan Sampah Menjadi Ecobrick dalam Mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, kami sampaikan terimakasih," ucapnya. (Sofyan)

Baca juga: Membangun Keluarga Bahagia dengan Al Quran



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top