Digitalisasi Arsip Sejarah Melestarikan Peninggalan Bangsa dan Meningkatkan Akses Informasi, Mahasiswa DKV ISI Surakarta bersama Solo Societeit

Print Friendly and PDF

Wiwit, seorang mahasiswa DKV yang terlibat dalam program Digitalisasi arsip sejarah.


Digitalisasi Arsip Sejarah Melestarikan Peninggalan Bangsa dan Meningkatkan Akses Informasi, Mahasiswa DKV ISI Surakarta bersama Solo Societeit

Solo- majalahlarise.com -Dalam rangka melestarikan warisan bangsa dan menambah peningkatan akses informasi bagi masyarakat, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni ( ISI ) Surakarta bersama dengan Solo Societeit memulai program digitalisasi arsip sejarah. Program ini bertujuan untuk mengonversi arsip fisik, seperti dokumen, dan foto ke dalam format digital agar dapat disimpan dengan lebih aman dan kemudahan akses. (22/5/2024).

Program ini merupakan bagian dari MBKM Mandiri FSRD Skema magang yang dilakukan oleh Mahasiswa DKV ISI bersama Solo Societeit. MBKM Mandiri merupakan bentuk upaya yang dilakukan fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta dalam melibatkan mahasiswa mereka untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari di dunia kampus dan lingkungan sekitar. 

Program digitalisasi arsip sejarah ini dilakukan secara bertahap dengan melakukan kurasi dan pengecekan mulai dari arsip yang paling penting dan rawan rusak yang dilakukan pada tanggal  21 mei 2024, kemudian dilanjutkan mahasiswa magang dengan rangkain scan dokumen secara satu persatu dengan hati-hati dan sesuai  standar yang sudah ditentukan. 

Baca juga: Waka Humas SD Muhammadiyah 1 Solo Dikukuhkan Korp Mubaligh Muda Muhammadiyah

"Semoga dengan adanya program ini memberikan berdampak baik terhadap semua masyarakat yang ingin mengetahui arsip sejarah terdahulu terkhusus pada pecinta sejarah yang ingin mendalami ilmu nantinya," kata wiwit, seorang mahasiswa DKV yang terlibat dalam program Digitalisasi arsip sejarah.

Sementara itu, pendiri Solo Societeit Heri Priyatmoko mengatakan Digitalisasi Arsip sejarah ini merupakan sebuah aksi yang bisa dikatakan heroik karena didalamnya bertujuan untuk banyak orang khususnya teman - teman jelajah Solo Societeit nantinya.

"Solo Societeit dan Mahasiswa diharapkan program ini dapat berkelanjutan sehingga menciptakan dampak positif yang berkelanjutan," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: DEM FKIP dan HMPS PGSD Unisri Solo Gelar Education Berkarya 2024




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top