58 Desain Mahasiswa DKV FSRD ISI Surakarta Unjuk Karya RETROSPEKSI

Print Friendly and PDF

Tampak pengunjung menikmati dengan seksama dan melihat karya yang dipajang dalam pameran. 


58 Desain Mahasiswa DKV FSRD ISI Surakarta Unjuk Karya RETROSPEKSI

Solo- majalahlarise.com -Tampak pengunjung menikmati dengan seksama dan terkadang menjadi diskusi sebentar saat melihat karya yang dipajang dalam pameran. Sekitar 58 karya yang dikerjakan secara individual maupun kelompok dari 71 mahasiswa angkatan 2022 Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang masih duduk di semester IV ini.

Seperti karya Rio Hadi Candra Dinata dan Bharata Yoga Permana lewat karya ini berusaha menyampaikan agar kita tetap mengingat kampung halaman dimana kita dulu sering bercengkerama, berbincang, dan bermain dengan orang-orang di sekitar kita, dimana semua masih terasa baik-baik saja. Karya diorama yang dikerjakan secara kelompok ini berjudul "Ketika Semuanya Masih Baik-baik Saja".

Lewat beragam berupa karya desain grafis, ilustrasi, boardgame, poster, komik, desain produk, animasi, dan karya lainnya ini selama 3 (tiga) pelaksanaan pada Jumat - Minggu, 10-12 Mei 2024.

Baca juga: LPK Curdefo Gandeng Setiawan Sebagai Ketua Program Personal Development

Selain pameran karya, juga ada beragam event pendukung berupa talkshow, workshop, live mural, dan band ini bertempat di Rumah Banjarasari, Ruang Publik dan Seni yang terletak di kawasan Monumen 45 Banjasari, Solo.

Pameran karya mahasiswa ini mengusung tema vintage dan retro dibuka oleh Dr. Ana Rosmiati, M.Hum selaku Dekan FSRD ISI Surakarta ang dihadiri semua pejabat Dekanat, Ketua Jurusan Desain, Kaprodi DKV dan dosen lainnya.

Oleh Rendya Adi Kurniawan, M.Sn selaku Kaprodi DKV menjelaskan dalam sambutannya pameran ini berupaya mengajak pengunjung untuk melihat kembali masa lalu sebagai motivasi dan sekaligus inspirasi menjadi alasan dengan mengangkat tema RETROSPEKSI dalam kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh tiap angkatan ini.

Tujuan dari karya yang ditampilkan menampilkan proses refleksi dan pemahaman kembali terhadap hal-hal dan keresahan di masa lalu yang dialami setiap mahasiswa DKV ISI Surakarta Angkatan 2022 untuk dijadikan evaluasi dikemudian hari, khususnya saat menempuh studi dan berkarier kedepannya.

Harapan dari kegiatan ini oleh Aira Ahmad Arullah selaku ketua panitia dalam rilisnya bahwa dari segi capaian, pameran ini dapat dianggap berhasil jika mampu menginspirasi refleksi yang mendalam dan pembicaraan yang berarti diantara pengunjungnya. Selain itu, semoga pameran ini juga dapat memperluas apresiasi terhadap beragam gaya desain, media, tema, teknik, dan konsep yang digunakan oleh mahasiswa yang berpartisipasi dalam pameran tersebut. 

Sebagai acara pendukung yakni Live Mural yang disusun berjajar di lokasi pameran berupa media triplek juga menjadi tontonan yang menarik, sekaligus ajang bertemunya mahasiswa dengan praktisi, maupun seniman mural ini.

Dalam sesi Talkshow 1 bertema Art and Culture : Exploring Indonesian Culture Through Unique and Marketable Illustration, dimana M. Izam Fadilah dari mahasiswa Angkatan 2020 DKV ISI Surakarta pada Jumat, 10 Mei 2024.

Workshop Vintage Typography bertajuk Crafting Classic Jand Lettering with Timeless Appear dengan menggandeng Komunitas Surakarya sebagai narasumber pada Sabtu, 11 Mei 2024 dengan peserta yang diundang baik dari masyarakat umum dan pelajar se Solo Raya.

Untuk event pendukung pada Minggu, 12 Mei 2024 dengan mengangkat tema Why is Javanese Script not Widely Used in Today's Society, and How Can Design Help Preserve it? pada sesi Talkshow kedua dengan narasumber yakni Fauzul Adhim dari mahasiswa Angkatan 2020 DKV ISI Surakarta.

Selain itu menurut M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn sebagai dosen pembimbing menjelaskan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kebersamaan antar mahasiswa satu angkatan dengan saling bekerjasama dalam merancang dari awal sampai tahap pelaksanaan pameran ini. (Sofyan)

Baca juga: Gerakan Kaum Muda Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Tentukan Sikap dalam Pilkada Boyolali



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top