Program Studi Desain Interior, Jurusan Desain, FSRD ISI Surakarta Gelar Kuliah Umum, Rasa Nusantara Desain Interior Istana Kepresidenan IKN

Print Friendly and PDF

 

Narasumber Rudy Dodo dari HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) sebagai salah satu desainer/perancang interior istana kepresidenan Ibukota Kota Negara (IKN) dan moderator Yuninggar Renaningtyas, S.Sn. alumni Program Studi Desain Interior saat menyampaikan materi kuliah umum.

Program Studi Desain Interior, Jurusan Desain, FSRD ISI Surakarta Gelar Kuliah Umum, Rasa Nusantara Desain Interior Istana Kepresidenan IKN

Solo- majalahlarise.com -Proses perancangan Istana Negara dengan Program perpindahan Ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur, yang terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara telah melibatkan beberapa tenaga profesional di bidangnya. Diantara beragam profesional tersebut, terdapat peran desainer interior dalam mewujudkan Istana Kepresidenan. Peran tersebut menciptakan suasana dan rasa Nusantara di istana kepresidenan IKN sebagai karya anak bangsa dengan rasa Nusantara dan penegasan terhadap identitas bangsa Indonesia. Oleh karena itu penting untuk proses penentuan sumber ide, konsep perancangan desain interior istana negara, dan kerjasama kolaborasi keahlian dari para profesional merupakan wawasan dan informasi penting untuk dibagi kepada para mahasiswa Program Studi Desain Interior, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta dalam bentuk kegiatan kuliah umum. 

Kuliah Umum diikuti 200an peserta dari dosen dan mahasiswa Desain Interior, dengan narasumber Rudy Dodo dari HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) sebagai salah satu desainer/perancang interior istana kepresidenan Ibukota Kota Negara (IKN) dan moderator Yuninggar Renaningtyas, S.Sn. alumni Program Studi Desain Interior. Penangggung jawab Kuliah Umum adalah Prof. Dr. Sunarmi, M.Hum., acara dibuka oleh Wakil Dekan Keuangan dan Sumber Daya Manusia, Amir Gozali, S.Sn., M.Sn. Acara berlangsung di lantai dua, Gedung Galeri dan Museum Institut Seni Indonesia Surakarta. 

Penangggung jawab Kuliah Umum  Prof. Dr. Sunarmi, M.Hum berharap dengan kegiatan kuliah umum tersebut, para mahasiswa dapat memahami cara memetakan, mengidentifikasi kebutuhan, dan penguasaan hard skills serta soft skills untuk  menjadi seorang desainer interior di masa yang akan datang.

Kuliah umum yang mengambil tema “Rasa Nusantara Desain Interior Istana Kepresidenan IKN” diselenggarakan oleh Program Studi Desain Interior, Jurusan Desain, FSRD ISI Surakarta pada  Kuliah Umum  ini diselanggarakan pada Kamis, 25 April 2024, dalam rangka mempersiapkan sarjana Desain Interior yang berkualitas, dalam penguasaan konsep desain dengan memberikan bekal pengetahuan dan wawasan dalam memahami proses perancangan Desain Interior, sesuai kebutuhan jaman. 

Tujuan kegiatan Kuliah Umum untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang identitas bangsa yang tertuang dalam proses perancangan interior publik berdasarkan kebutuhan aktivitas, sumber ide, penyusunan konsep desain, gambar teknik untuk perwujudan desain interior Istana Negara. Sekaligus menyegarkan manfaat dari pembelajaran mata kuliah Interior Nusantara, Wawasan Budaya Nusantara, dan Estetika, agar mahasiswa berpikir kreatif, memahami kerja kolaborasi, dan dapat mengembangkan diri dalam persiapan di dunia kerja yang semakin mengglobal dan kompetitif. (Sofyan)

Baca juga: Gelaran Lokakarya Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional Bersama Antropologi Budaya Kenyon College, Ohio



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top