Dosen Prodi Hukum FISH Univet Bantara Sosialisasi Milenial Entrepreneur dan Pembuatan Legalitas Usaha untuk Siswa MAN 1 Wonogiri

Print Friendly and PDF

Salah satu siswa MAN 1 Wonogiri saat memproses pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk usahanya dipandu pemateri Aziz Widhi Nugroho, SH, M.H.


Dosen Prodi Hukum FISH Univet Bantara Sosialisasi Milenial Entrepreneur dan Pembuatan Legalitas Usaha untuk Siswa MAN 1 Wonogiri 


Wonogiri- majalahlarise.com -Dosen Program Studi Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yakni Aziz Widhi Nugroho, SH, M.H dan Retno Eko M, SH, MH melakukan Sosialisasi Milenial Entrepreneur dan Pembuatan Legalitas Usaha diikuti siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonogiri. Bertempat di Aula Gedung Asrama sekolah. Sabtu (27/4/2024).

Kepala MAN 1 Wonogiri diwakili Waka Kesiswaan Sunardi, S.Ag dalam sambutan menyampaikan terimakasih dan selamat datang kepada Dosen Prodi Hukum Univet Bantara Sukoharjo. Selain itu, pertemuan ini memiliki banyak ilmu yang sangat dibutuhkan oleh siswa kelas 12 walau waktunya sejenak.

"Kita niatkan bersama mencari informasi termasuk mencari ilmu ada keberkahan walau diberikan sesaat," ujarnya.

Dosen prodi Hukum FISH, Aziz Widhi Nugroho, SH, M.H dan Retno Eko, SH, MH saat foto bersama siswa kelas 12 MAN 1 Wonogiri usai sosialisasi.

Baca juga: Launching SENSASI ISI Surakarta Sebagai Sistem Tracer Study untuk Alumni

Pemateri Aziz Widhi Nugroho, SH, M.H memaparkan tentang membangun jiwa dan mental entrepreneur sejak diri dan proses pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk usaha perorangan.

"Adik-adik harus punya mental dan jiwa entrepreneur. Punya jiwa enterpreneur sekecil apapun itu ditemukan dalam diri sendiri. Buatlah usaha walau kecil dan menjalankan usaha dilandasi ketulusan hati. Jangan serakah tetapi tetap jaga kebersamaan dengan melatih orang-orang ikut menjalankan usaha," ungkapnya.

Lebih lanjut dipaparkan, usaha yang dijalankan perlu dan penting memiliki legalitas ijin salah satunya NIB (Nomor Induk Berusaha) sebagai identitas usaha dan mendapatkan berbagai kemudahan dalam usaha seperti akses perbankan untuk pelaku usaha. listrik untuk usaha, pendaftaran merek, sertifikat halal, program pemerintah, SPP-IRT, BBM Bersubsidi, Hak Akses SIKAP LKPP.

"Untuk membuat Nomor Induk Berusaha sangat mudah cukup dengan KTP dan email. Bisa untuk membuat ijin usaha perorangan sehingga untuk para siswa dan bapak ibu guru terkait perijinan usaha itu mudah tidak serumit yang dibayangkan selama ini," jelasnya.

Disampaikan pula, adanya sosialisasi Milenial Entrepreneur ini diharapkan siswa punya jiwa dan mental entrepreneur. "Semua profesi yang sekarang ini dengan ekonomi tidak menentu maka entrepreneur akan menjadi salah satu profesi sangat bermanfaat," ujarnya.

Sebelum Dosen Retno Eko M, SH, MH menyampaikan sosialisasi prodi Hukum yang merupakan program studi baru di Univet Bantara Sukoharjo diadakan praktik proses pembuatan legalitas usaha NIB (Nomor Induk Berusaha) secara online dan gratis bagi siswa yang sudah memiliki usaha. (Sofyan)

Baca juga: FIB UNS Ajak Antropolog USA Kunjungan Budaya




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top