Tingkatkan Kompetensi, Siswa SMK Ikuti LKS Graphic Design Technology se-Kabupaten Sragen 2024

Print Friendly and PDF

Siswa SMK saat mengikuti LKS Graphic Design Technology se-Kabupaten Sragen 2024.



Tingkatkan Kompetensi, Siswa SMK Ikuti LKS Graphic Design Technology se-Kabupaten Sragen 2024


Sragen- majalahlarise.com -Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat sekolah sebagai kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk menguji dan mempertunjukkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan siswa di berbagai bidang. Lomba semacam ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat mereka, meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan keterampilan interpersonal. LKS tingkat sekolah tahun ini, khususnya bidang lomba LKS Graphic Desain Technology Tingkat SMK Kabupaten Sragen Tahun 2024 berlangsung mulai Kamis-Jumat, 7-8 Maret 2024, selaku tuan rumah SMK Negeri I Sambirejo Sragen yang dibuka oleh Wakasek III SMK Negeri I Sambirejo yakni Suradi, S.Pd. ini dihadiri oleh guru pendamping, juri, panitia, dan peserta.

Dengan peserta berjumlah 17 siswa dari SMK yang ada di wilayah Sragen, selama dua hari mengerjakan materi lomba berjumlah 4 modul ini berlangsung di laboratorium komputer lantai II SMK Negeri I Sambirejo, Sragen.

Tampak seluruh peserta antusias mengerjakan materi lomba dari brief yang sudah ditentukan oleh panitia, dengan tim juri dari akademisi dan praktisi desain grafis. Tim juri dari akademisi yakni Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn dan Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds sebagai dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta sedangkan mewakili dari praktisi yakni Sri Rejeki dari GORESINK, Surakarta.

Baca juga: Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu 

Mata lomba Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Graphic Design Technology ini mengacu pada LKS tingkat kota/ kabupaten, provinsi sampai dengan nasional, yang nantinya dari tingkat kota/kabupaten akan dipilih juara I dari mata lomba yang maju ke tingkat LKS tingkat provinsi. Lomba semacam ini tidak hanya memberikan pengalaman kompetitif, tetapi juga memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, disiplin, dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Selain itu, lomba ini seringkali menjadi sarana untuk memperluas jaringan sosial siswa dan menginspirasi mereka untuk mengejar minat dan kompetensi siswa. 

Sebagai pemenang dari LKS Graphic Design Technology tingkat Kabupaten Sragen yaitu Juara I atas nama Arya Rama Dhani dari SMK Negeri 1 Miri, Sragen, sedangkan Juara II diraih Dimas Aji Fathur Rohman dari  SMK Muhammadiyah III Gemolong. Untuk Juara III diraih oleh Nanda Pratama dari SMK Negeri 1 Mondokan, Sragen.

Menurut Ketua Panitia dan sekaligus Ketua MGMP Multimedia Sragen, yakni Henry Baradian Asmara, S.Si menjelaskan  kompetisi ini selain untuk menyeleksi juara sebagai wakil dari Kabupaten Sragen juga untuk saling komunikasi antar guru dan siswa yang terkait bidang lomba Graphic Design Technology ini.

Sedangkan menurut Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sambirejo, Afif Suryono, S.Pd, M.Pd menjelaskan dengan kegiatan ini siswa dan sekolah dapat menjadikan ajang lomba tahunan ini untuk mengasah keterampilan dan kompetensi siswa agar lebih teruji kedepannya. (Sofyan)

Baca juga: Sambut Ramadan 1445 H, Ratusan Siswa SMP Muhammadiyah PK Ikuti Kajian, Pawai, hingga Berbagi Telur Asin



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top