Siswa Kelas 5 MI Al Kahfi Manyaran Bergembira Ikuti Kegiatan Praktik Membuat Es Buah

Print Friendly and PDF

Siswa kelas 5 MI Al Kahfi Manyaran saat praktik membuat es buah.

Siswa Kelas 5 MI Al Kahfi Manyaran Bergembira Ikuti Kegiatan Praktik Membuat Es Buah


Wonogiri- majalahlarise.com -Siswa kelas 5 MI Al Kahfi Manyaran tampak gembira mengikuti kegiatan praktik membuat es buah yang diadakan sebagai bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lillalamin (P5RA). Kegiatan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan praktis, tetapi juga mendorong nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Bertempat di ruang kelas 5. Sabtu (24/2/2024).

Wali kelas 5, Kasto mengatakan kegiatan ini diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya kerjasama dalam kelompok, mempraktikkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong dan toleransi, serta mengajarkan keterampilan membuat es buah yang sehat dan menyegarkan. 

"Selain itu, untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam mengolah bahan makanan menjadi sajian yang menarik dan lezat," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, proses pembuatan es buah dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari lima siswa yang dipilih secara acak untuk memastikan keragaman dan kesempatan untuk belajar bekerja sama dengan teman-teman sekelas yang berbeda. Sebelum memulai praktik, para siswa diberikan penjelasan singkat tentang bahan-bahan yang akan digunakan, langkah-langkah pembuatan es buah, serta pentingnya kebersihan dan kesehatan saat mengolah makanan.

Baca juga: Renzy, Dari Model Peragawati Jadi Atlet Voli

"Dengan penuh semangat, siswa mulai bekerja sama dalam kelompok masing-masing. Mereka saling membantu dalam memotong buah-buahan segar seperti melon, semangka, buah naga, alpukat, buah pir, apel dan pepaya," paparnya.

Selama proses pembuatan, terlihat kerjasama yang harmonis antara para siswa. Mereka saling mengingatkan akan pentingnya menjaga kebersihan, berbagi ide untuk mengatur tata letak es buah yang menarik, dan membantu satu sama lain dalam menyelesaikan tugas masing-masing. Atmosfir keakraban dan keceriaan pun terpancar dari ekspresi wajah mereka.

Dengan selesainya kegiatan praktik membuat es buah, para siswa pun menunjukkan hasil karya mereka dengan bangga. 

"Kami berharap melalui kegiatan praktik seperti ini, siswa dapat belajar lebih dari sekadar membuat es buah. Mereka belajar tentang pentingnya kerjasama, kebersihan, dan menghargai hasil karya bersama. Semua nilai-nilai tersebut merupakan landasan bagi pembentukan karakter yang kuat dan berintegritas, sesuai dengan semangat Pancasila," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Perkuat Keamanan Siber, Informatic Cybernetic UHW Perbanas Adakan Seminar Bagi Pemilik Aset Digital


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top